Sunday, December 23, 2007

FAQ: Advertising On Radio

http://info.volarefm.com/template.php?p_id_contents=40&p_action=edit&p_category_value=VRC

Cara menarik untuk menjawab pertanyaan yang itu-itu saja. Memberi wawasan bagi calon pemasang iklan.

FAQ: Advertising On Radio

Q: Mengapa saya harus beriklan di radio?

Radio pada satu sisi merupakan sarana promosi produk/jasa Anda yang sangat luas jangkauannya, dan sekaligus di sisi lain sangat pribadi (up close and personal). Iklan Anda disebarluaskan ketika orang-orang berada di rumah, di tempat kerja dan di jalanan.

Anda dapat menggunakan iklan radio untuk:

  • Membuat orang-orang menyadari kehadiran bisnis Anda
  • Mengarahkan keramaian menuju lokasi Anda
  • Mempromosikan kegiatan seperti obral atau or open house
  • Memancing telepon masuk
  • Atau hal apa saja yang dapat menolong bisnis Anda!

Q: seperti apa iklan radio yang baik?

Dalam bisnis, iklan radio sering disebut spot. Spot yang baik adalah yang:

  • Pendek (atau setidaknya terdengar pendek, supaya tidak membosankan)
  • Mudah dipahami
  • Mengulang informasi yang penting, seperti nama usaha dan telepon
  • Sesuai dengan suasana program acara tempat spot dipasang

Tentu saja Anda bisa mendapatkan yang lebih rumit, dengan penambahan sound effects, beragam pengisi suara dan musik. Jika Anda tidak yakin dengan apa kiranya yang akan membuat spot Anda berhasil, tanyalah pada diri Anda sendiri, iklan apa yang saya suka dan saya ingat? Iklan mana pula yang berhasil mendorong saya untuk membeli

Q: Bagaimana cara saya membuat iklan?

Kami memiliki tim produksi yang menangani penulisan naskah iklan hingga jadi di studio produksi kami. Walaupun tentu saja, Anda bebas memakai jasa rumah produksi dan biro iklan yang sudah biasa bekerja sama dengan Anda. Hanya saja, terkadang konsep yang dibuat belum tentu sesuai untuk disiarkan di semua radio kami (contohnya, iklan dengan menggunakan musik dangdut).

Untuk mengurang biaya, Anda pun dapat menulis sendiri iklan Anda. Ingatlah, ketika menulis iklan, isinya haruslah:

  • Dapat menarik perhatian calon pelanggan dengan segera
  • Memberi tahu pelanggan bagaimana ia akan mendapatkan keuntungan dari produk atau servis dari Anda
  • Tawarkan bonus instan yang dapat mendorong mereka apa yang harus mereka lakukan segera berikut alasannya (misalnya, 20 penelepon berikutnya akan mendapatkan secara gratis sebuah...). Cara seperti ini banyak dipergunakan pada penjualan di televisi. Sering Anda lihat ajakan iklan untuk langsung memesan lewat telepon supaya dapat diskon dan bonus ekstra, bukan?
  • Berilah informasi penting mengenai siapa/apa/dimana/mengapa agar pendengar bisa segera follow up tawaran Anda.

Dengarkan iklan-iklan lain, dan cari tahu mengapa beberapa iklan begitu mudah untuk diingat.

Q: Kapan dan di acara apa sebaiknya saya memasang iklan saya?

Program acara berbeda mempunyai daya tarik untuk pendengar yang berbeda pula. Jadi sebelum membeli, tanyalah pada diri Anda seniri, produk atau jasa yang saya tawarkan itu didesain untuk siapa? Atau, siapakah pelanggan terbaik saya? Atau, adakah kalangan lain yang menjadi sasaran baru pemasaran saya? Dapatkanlah program yang punya daya tarik terhadap mereka secara spesifik, letakkan iklan Anda di situ.

Untuk Radio Volare, dengan sasaran pendengar dewasa muda, kami punya jenis acara yang cukup beragam. Mulai dari bincang-bincang tentang kota, konsultasi kesehatan, dialog keagamaan, music chart show, dan banyak lagi. Intip
jadwal acara kami untuk lebih jelasnya!

Q: Saya menemukan acara yang menarik! Bagaimana cara menempatkan iklan di situ?

Hubungi saja petugas kami yang akan dengan senang hati memberikan informasi mengenai acara yang Anda minati. Website kami memberikan jalur untuk Anda mengontak kami.

Q: Berapa lama saya harus beriklan di acara tersebut?

Aturan main yang biasa dijalankan di dunia periklanan, butuh sekitar 2 hingga 3 bulan untuk bisa mengevaluasi apakah yang Anda laksanakan berjalan dengan baik.

Q: Apa rahasia beriklan di radio?

Hal yang sama dengan iklan di media manapun. Repetisi/pengulangan.

Q: Tunggu dulu, apa sebetulnya rahasia beriklan di radio?

Pengulangan. Dan apabila Anda telah selesai dengan itu, tambahlah sedikit lagi pengulangan. Pastilah ada alasan mengapa Anda menyaksikan iklan televisi yang sama berulang kali. Dengan kata lain, jangan hanya berencana untuk memasang iklan di satu saja program acara super mahal (di Empat Mata, mungkin?). Belilah program acara kecil-kecil dan bagilah penyebarannya dan Anda akan mendapatkan banyak pengulangan.

Q: Tapi, pasti ada semacam batasan untuk pengulangan, kan?

Tentu saja. Anda tidak seharusnya mengudarakan iklan yang sama setiap 30 menit, orang akan segera menjadi bosan. Tapi Anda dapat memiliki beberapa iklan yang berbeda untuk produk yang sama yang sedang dipromosikan. Untuk saling menguatkan satu sama lain, iklan-iklan tersebut harus memiliki kesamaan: seperti kesamaan pada lead-in atau tagline. Tapi tetap saja, sebaiknya kesemuanya tidak diudarakan pada jam yang sama. Sebarkan.

Q: Bagaimana cara saya mengukur hasil pemasangan iklan saya?

Mudah: berilah pendengar penawaran unik spesial untuk mereka. Seperti apa? Bisa sesederhana ini: "Pendengar Radio Volare bisa dapatkan potongan 25% hanya dengan menelepon kami di 888-999 dalam 15 menit ke depan. Sampaikan bahwa Anda mendengar informasinya di Radio Volare!"
Tidak harus melulu berupa potongan harga, tetapi bisa juga berupa merchandise atau hadiah kecil lain yang dapat menjadi kenang-kenangan menarik dan mengundang perhatian dari orang lain untuk bertanya, "dapat darimana, nih? kok bagus banget?"
Pastikan saja Anda selalu menyimpan semua catatan referensi dan penjualan yang Anda dapatkan berkat pemasangan iklan tersebut, untuk menilai seberapa jauh hasilnya. (Faktanya, pemasar yang bijak tahu bahwa Anda wajib mengikuti jejak semua sumber bisnis Anda)

Q: Apakah memang lebih baik beriklan di acara bincang-bincang?

Kami pikir begitu. Karena, jika Anda sedang mendengarkan musik, jadinya latar belakang Anda ketika sedang bekerja, memasak, belajar... Ketika mendengarkan musik, ada yang merasa terganggu dengan kehadiran iklan. Ketika mendengarkan acara bincang-bincang, Anda terkait dengan materi obrolan, sehingga tidaK terganggu ketika iklan masuk. Nah, jika Anda memilih sebuah acara bincang-bincang /talk show yang temanya berkaitan dengan produk Anda, itu lebih baik lagi!

Q: Apakah ada cara lain saya dapat memasarkan produk/jasa saya di radio?

Tentu saja! Sumbangkan produk atau jasa Anda kepada pembawa acara untuk dibagikan di udara! Jadi ada bahan bagi penyiar untuk dibicarakan, promosi gratis dan membuat pendengar bersemangar! Plus, Anda akan membuat sang penerima hadiah yang beruntung menjadi gembira, dan Anda mungkin akan mendapatkan seorang pelanggan baru yang puas yang akan merekomendasikan produk/jasa Anda kepada teman-temannya.

Q: Mengapa saya harus beriklan di Volare Network?

We have a little something for everyone. Anda bisa pilih radio yang sesuai dengan konsumen Anda, entah itu kalangan menengah bawah, dewasa muda, remaja, PNS, penyuka dangdut, dll. Juga dengan beragam jenis program acara yang bisa Anda sesuaikan dengan poduk/jasa Anda.

Q: Bagaimana saya mulai?

Kontak kami. Mari kita bincangkan apa yang Anda butuhkan, penjelasan mengenai harga dan apa yang dapat kami lakukan untuk menolong Anda.

Favorite site: www.tribun-timur.com

No comments: