Sunday, June 22, 2008

2.731 Peserta UMB Lulus di Unhas



Sumber: Tribun Timur, Makassar
http://www.tribun-timur.com/view.php?id=83951&jenis=Front


Minggu, 22-06-2008 
2.731 Peserta UMB Lulus di Unhas
Hari ini Diumumkan di Tribun; 31 Calon Mahasiswa Lulus di Luar Unhas; Tak Capai Passing Grade, Kursi Dibiarkan Kosong; Dalam Dua Jam, Koran Pengumuman Ludes Terjual
 
Makassar, Tribun - Sebanyak 2.731 peserta ujian masuk bersama (UMB) calon mahasiswa baru lulus di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar.
Pembantu Rektor (PR) I Unhas, Prof Dr Ir Dadang A Suriamiharja, Sabtu (21/6), kepada Tribun, mengungkapkan, dari jatah calon mahasiswa yang untuk jalur UMB, masih tersisa sekitar 60-an kursi yang tidak terisi karena tidak mencapai nilai passing grade yang ditetapkan.
 
Tribun Timur mengumumkan hasil kelulusan UMB 2008 di Unhas maupun peserta UMB yang mengikuti seleksi di Unhas namun lulus di universitas lain, Minggu (22/6) hari ini.
Jatah calon mahasiswa yang disiapkan untuk jalur UMB sekitar 70 persen dari total kuoata yang disediakan oleh Unhas untuk tahun akademik 2008/2009.
"Meski jatah tiap program studi itu mencapai 40 kursi, namun tidak semua harus diterima. Karena hanya yang memiliki nilai tinggi dan memenuhi standar yang diterima. Ini untuk menjamin kualitas," jelas Dadang.
Sementara itu, koran kampus identitas mulai menjual lembar pengumuman UMB 2008, tadi malam. Hanya dalam hitungan dua jam, ribuan eksamplar koran tersebut ludes diserbu.
"Saya menjual 50 eksamplar dan dalam watu setengah jam sudah habis terjual," kata seorang mahasiswa yang menjual koran di sekitar Jl Urip Sumoharjo.
Koran identitas dijual Rp 5.000 hingga Rp 7.000 per eksamplar.

Dadang mengungkapkan, pelaksanaan UMB berjalan lancar dan tertib tanpa diwarnai praktik perjokian.
Hal tersebut tidak lepas dari kesiapan Unhas melaksanakan ujian bersama tersebut.
Selain Unhas, ada empat universitas lainnya di Indonesia yang melakukan ujian yang sama, di antaranta, Universitas Indonesia (UI) Jakarta dan Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.
Sementara dua perguruan tinggi (PTN) di Makassar, Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin tidak masuk dalam UMB namun bergabung di SNMPTN.
Meski berjalan tertib, Dadang mengaku, pihaknya berharap UMB tidak dilaksanakan kembali tahun depan. Alasannya, pihak Unhas kelelahan melaksanakan dua kali ujian masuk perguruan tinggi.

Daftar Ulang
Dadang, mengatakan, proses pendaftaran ulang akan berlangsung pada 6-20 Agustus mendatang di gedung registrasi Unhas Tamalanre. Saat proses tersebut, peserta harus menyerahkan berkasnya dan datang sendiri sesuai jadwal.
Mereka yang dinyatakan lolos diminta membawa kartu tanda peserta UMB 2008 asli saat pendaftaran ulang. Selain itu, berkas-berkas seperti ijazah/STTB/STL/STK asli dan fotokopinya, dan foto berukuran 3x4 cm dan 2x3 cm masing-masing sebanyak empat lembar serta mengisi formulir biodata juga menjadi keharusan.
Selain itu akan ada pemeriksaan kesehatan dan cek foto yang akan berlangsung di gedung registras. Sedangkan bagi peserta UMB yang diterima pada program studi pilihan diharuskan membawa surat panggilan dari panitia UMB pusat.
Peserta diwajibkan untuk membayar biaya administrasi pendaftaran masing-masing Rp 1.390.000 untuk IPA dan Rp 1.240.000 untuk IPS di Bank BNI. "Mahasiswa yang lulus juga diwajibkan untuk mengikuti upacara penerimaan mahasiswa baru di Auditorium Baruga AP Pettarani, 21 Agustus mendatang," kata Dadang.

--
Tribun Timur,
Surat Kabar Terbesar di Makassar
http://www.tribun-timur.com

FORUM DISKUSI PEMBACA TRIBUN TIMUR
tribun.freeforums.org

Usefull Links:

http://jurnalisme-makassar.blogspot.com
http://jurnalisme-tv.blogspot.com
http://jurnalisme-radio.blogspot.com
http://jurnalisme-blog.blogspot.com
http://makassar-updating.blogspot.com
http://makassar-bugis.blogspot.com

No comments: