Tuesday, June 17, 2008

Ogah Jagung Amerika, Korea Lirik Sulsel

Korea Selatan mencari jagung di Sulawesi Selatan. Kabar baik untuk petani. Semoga tidak dihalangi oleh birokrasi yang motifnya memungut rente, dan pada akhirnya, merugikan petani.


Sumber: Surat Kabar Tribun Timur, Makassar, tribun-timur.com


Selasa, 17-06-2008 | 22:26:27 
Ogah Jagung Amerika, Korea Lirik Sulsel
Laporan: muhammad irham. la_toge_langi@yahoo.com
 
Makassar, Tribun - Koperasi Pertanian Korea Selatan (KPKS) berminat mengimpor jagung kuning sal Sulawesi Selatan untuk menutupi kekurangan stok jagung di negeri itu yang mencapai tujuh juta ton per tahun.
 
Keinginan itu disampaikan Kepala Bidang Pakan KPKS Ryu Gi Man saat menemui Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di kediaman Gubernur Jl Sungai Tangka, Makassar, Selasa (17/6). Ryu didampingi sejumlah pengurus koperasi asal negeri itu dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Sulsel, Amal Natsir.

"Selama ini kami mengimpor jagung dari Amerika sebanyak tiga juta ton. Tapi mekanisme impornya timpang dan sangat berbelit, makanya kami mengalihkan ke wilayah Asia Tenggara khususnya Sulsel," jelas Ryu.

Jagung Sulsel dinilai sangat kompettitf dari segi harga namun harus diiringi dengan perbaikan kualitas. Ryu berharap Pemerintah Sulsel memberikan kemudahan fasilitas dengan melakukan pembenahan infrastuktur dan melakukan perbaikan kualitas jagung.

Korea siap mengimpor jagung asal Sulsel karena yakin kualitasnya tidak kalah dengan jagung asal Amerika. Dalam waktu dekat ini, tim dari Korea akan meninjau sejumlah daerah yang menjadi sentra penghasil jagung di Sulsel.

Beberapa daerah yang direkomendasikan oleh pemprov untuk dikunjungi antara lain, Takalar, Jeneponto, Gowa, dan Kabupaten Luwu. Keempat daerah ini memiliki lahan yang ditanami jagung seluas 480 ribu hektar.

Beberapa waktu lalu, Sulsel gagal mengekspor jagung ke Korea Selatan karena jagung yang sudah dikemas dalam kontainer sudah tercemar jamur aflatoksin yang berbahaya bagi kesehatan ternak. Jagung itu terpaksa dipulangkan kembali ke Indonesia. (*)

--
Tribun Timur,
Surat Kabar Terbesar di Makassar
http://www.tribun-timur.com

FORUM DISKUSI PEMBACA TRIBUN TIMUR
tribun.freeforums.org

Usefull Links:

http://jurnalisme-makassar.blogspot.com
http://jurnalisme-tv.blogspot.com
http://jurnalisme-radio.blogspot.com
http://jurnalisme-blog.blogspot.com
http://makassar-updating.blogspot.com
http://makassar-bugis.blogspot.com

No comments: