Wednesday, December 3, 2008

Mahasiswa Unhas Kembangkan Tanaman Organik

Sumber: Tribun Timur, Makassar
Rabu, 03-12-2003 
Mahasiswa Unhas Kembangkan Tanaman Organik
Makassar, Tribun - Ironi zaman modern yakni makin banyak orang senang dengan serba cepat. Namun di sisi lain, makin sadar orang dengan lingkungan dan kesehatannya.
 
Yang suka serba cepat, misalnya, orang tidak lagi memperhatikan apakah yang mereka konsumsi aman bagi tubuh mereka. Padahal mereka tidak mengetahui, beberapa buah dan sayur yang kelihatan segar yang ternyata menggunakan pestisida sintetik yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
Pestisida sintetik ini biasanya dipakai petani untuk mengilangkan hama penganggu perusak tanaman. Penggunaan pestisida sintetik dalam jangka waktu lama ternyata berpotensi memicu kanker dan beberapa penyakit lainnya.
Oleh kerena itu sekelompok mahasiswa jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Universitas, Fakultas Pertanian, Hasanuddin (Unhas), membentuk kelompok diskusi sekaligus mengelola kebun yang menghasilkan tanman organik yang bebas dari pestisida sintetik. Luas kebun tanaman organik ini mencapai 1 hektare yang terletak di belakang kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang, Tamalanrea.
Usai kuliah, para mhasiswa langsung ke kebun organik untuk mengecek tanaman mereka. Suasananya pun seperti berada di kebun yang ada di perkampungan karena dilengkapi rumah kebun.
Dosen Pembimbing yang juga merupakan Kepala Laboratorium Hama dan Penyakit Tumbuhan, Prof Dr Sylvia Sjam MS, mengatakan, awalnya kebun tanamaan organik ini hanyalah merupakan lahan yang depenuhi rumput liar yang kemudian dikelola menjadi kebun oleh mahasiswa.
"Lahan ini dijadikan mahasiswa sebagai tempat mengaplikasikan teori yang didapat di kelas kemudian dipraktikkan. Tenyata mereka suka, bahkan mereka mengatakan teori yang didapatkan itu jauh berbeda dengan yang ada di lapangan," ujarnya.
Lanjut, Sylvia, di sini mahasiswa belajar cara membuat pupuk cair dan pestisida alami yang didapat langsung dari alam. Pupuk dan pestisida alami ini tidak berbahaya bagi tubuh. Saat ini sejumlah tanaman sayur sudah diproduksi, di antaranya bayam merah dan hijau, tomat, lombok, kacang panjang, dan labu.

Tribun Timur, Selalu yang Pertama

Ada peristiwa menarik?
SMS www.tribun-timur.com di 081.625.2233
email: tribuntimurcom@yahoo.com

Hotline SMS untuk berlangganan koran Tribun
Timur, Makassar (edisi cetak) : 081.625.2266.
Telepon: 0411 (8115555) (cr2)
 


--
Tribun Timur,
Surat Kabar Terbesar di Makassar
http://www.tribun-timur.com

FORUM DISKUSI PEMBACA TRIBUN TIMUR
tribun.freeforums.org

Usefull Links:

http://jurnalisme-makassar.blogspot.com
http://jurnalisme-tv.blogspot.com
http://jurnalisme-radio.blogspot.com
http://jurnalisme-blog.blogspot.com
http://makassar-updating.blogspot.com
http://makassar-bugis.blogspot.com

1 comment:

Anonymous said...

Hi there!
I would like to burn a theme at this forum. There is such a thing, called HYIP, or High Yield Investment Program. It reminds of ponzy-like structure, but in rare cases one may happen to meet a company that really pays up to 2% daily not on invested money, but from real profits.

For quite a long time, I make money with the help of these programs.
I'm with no money problems now, but there are heights that must be conquered . I get now up to 2G a day , and my first investment was 500 dollars only.
Right now, I managed to catch a guaranteed variant to make a sharp rise . Visit my web site to get additional info.

http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]