| http://www.mnc.co.id/cms/detail.php?id=10 PT Media Nusantara Citra Tbk Berekspansi ke Luar Negeri dengan   Peluncuran MNC Channel di Jepang
 Q1 2007 - Jakarta, 12 Feb 2007
 
 Sebagai perusahaan yang menaungi beberapa stasiun   TV ternama di Indonesia, seperti RCTI, TPI dan Global TV, PT Media Nusantara   Citra Tbk(MNC) mempunyai salah satu library content TV Program yang terbesar   di Indonesia. Besarnya content yang dimiliki oleh MNC ini merupakan suatu   aset yang sangat berpotensi untuk mengembangkan content-based business.
 
 Sejak bulan Juni tahun 2006, MNC telah   meluncurkan dua channel di pay-tv platform Indovision, yaitu MNC News Channel   dan MNC Entertainment Channel. MNC News Channel merupakan 24 hour news   channel yang merupakan penggabungan dari program acara berita yang telah   ditayangkan di ketiga stasiun TV dibawah naungan MNC maupun program acara   berita yang dibuat khusus untuk MNC News Channel. Sedangkan MNC Entertainment   Channel merupakan 24 hours channel yang menayangkan ulang program-program   hiburan unggulan yang pernah ditayangkan di RCTI, TPI dan Global TV, seperti   sinetron, infotainment, dokumenter, komedi, sitcom, music show dan variety   show. Dengan menggunakan wadah MNC, chanel-chanel tersebut dapat   menggabungkan kekuatan library content dari ketiga stasiun TV yang berada   dalam group MNC. Dalam waktu singkat, MNC Channel telah berhasil   menjaring lebih dari 40,000 pelanggan.
 
 MNC melihat potensi untuk melakukan ekspansi   terhadap siarannya di luar negeri, mengingat bahwa cukup banyak warga   Indonesia yang tinggal di luar negeri dan mereka tentu mendambakan kesempatan   untuk melihat program-program tv unggulan Indonesia, disamping untuk melihat   perkembangan terkini di Indonesia. Hal ini terbukti dengan cukup luasnya   frekuensi siaran RCTI yang ditangkap langsung melalui parabola oleh   orang-orang yang tinggal di berbagai negara dan terus datangnya permintaan   untuk menampilkan siaran RCTI, TPI dan Global TV melalui teknologi baru,   seperti IPTV. Di samping itu, diharapkan chanel ini juga mempunyai potensi   terhadap orang-orang lain yang berbahasa Melayu (seperti warga Malaysia dan   Brunei), serta orang-orang yang pernah tinggal di Indonesia yang tetap   mempunyai keinginan untuk terus mengikuti perkembangan di Indonesia.
 
 Jepang menjadi negara pertama yang dipilih untuk   peluncuran MNC Channel International untuk teritori di luar wilayah   Indonesia. MNC Channel International ini adalah chanel 24 jam yang   dikhususkan untuk teritori di luar Indonesia, yang merupakan gabungan dari   program-rpogram hiburan yang sedang maupun pernah sukses di Indonesia,   khususnya di RCTI, TPI dan Global TV dan penayangan program-program berita   dan infotainment pada hari yang sama.
 
 Beberapa program yang telah kita jadwalkan untuk   kita tayangkan di MNC Channel International antara lain:
 - Sinetron-sinetron unggulan: seperti Liontin,   Intan, Istri untuk Suamiku, Jaka Tingkir, Si Doel Anak Sekolah
 - Sitkom: seperti OB, kejar Kusnadi
 - Komedi: seperti API, Ngelaba, Catatan (Si   Tukul, Eko, Komeng)
 - Variety Show & Music: seperti KDI, Panggung   Emas, Duel, Ngejam
 - Dokumenter: seperti Gapura, Unik, Trecking
 - News: Seputar Indonesia, Nuansa Pagi, Buletin   Siang
 - Infotainment: Go Spot, Silet, Cek & Ricek,   Kabar-Kabari
 
 MNC bekerja sama dengan IPS, sebuah perusahaan   Jepang yang bergerak di bidang telekomunikasi dan media yang ditujukan kepada   warga negara Asia Tenggara yang menetap di Jepang. Di bidang media, IPS   memiliki jaringan Access TV yang merupakan tv berlangganan yang menggunakan   platform DTH (Direct To Home) Satelite. Saat ini, Access TV telah mempunyai   channel GMA TV dan The Mabuhay Channel dari Filipina, BEC 3 dari Thailand,   serta FOX channel. Pemilihan Jepang sebagai negara pertama untuk meluncurkan   MNC Channel International juga didasarkan kepada komitmen penuh yang dimiliki   oleh IPS yang mempunyai target market yang sangat khusus, yaitu warga negara   Asia Tenggara yang menetap di Jepang. Melalui jaringan bisnis komunikasinya,   IPS akan memberikan dukungan promosi dan sumber daya yang lebih optimal untuk   melakukan pemasaran MNC Channel International tersebut.
 
 Selain meluncurkan MNC Channel International,   pada kesempatan yang sama, IPS akan merelay secara langsung program Trijaya   Radio Network melalui satelit untuk wilayah Jepang. Hal ini akan memperluas   jaringan pendengar Trijaya Radio Network yang memiliki program yang   berorientasi untuk pendengar kalangan professional muda. Trijaya adalah radio   berita pertama di Indonesia dengan jaringan terluas, dengan didukung oleh   lebih 150 reporter. Saat ini Trijaya Radio Network menjangkau pendengar di   lebih dari 50 kota di berbagai propinsi di Indonesia.
 
 Pada hari ini, tanggal 12 Februari 2007, Bpk.   Hary Tanoesoedibjo selaku Presiden Direktur & Group CEO dari PT Media   Nusantara Citra Tbk dan Mr. Koji Miyashita, selaku President & CEO dari   IPS Inc. menandatangani kesepakatan kerja sama untuk menyiarkan MNC Channel   International dan Trijaya Radio Network di Jepang, yang ditargetkan akan   dimulai pada tanggal 1 April 2007.
 | 
 
No comments:
Post a Comment