Tuesday, November 27, 2007

AGB Nielsen Media Research (Indonesia)

http://www.agbnielsen.net/whereweare/localnews.asp?id=0&country=Indonesia&newstype=L&mode=abstract&language=local

Beberapa indikator, istilah teknis, dan trend pemirsa serta iklan dari AGB Nielsen

AGB Nielsen Media Research (Indonesia) - News

Newsletter #15/November 2007

17/11/2007 - Indonesia

Wajah Pertelevisian Indonesia: Ancaman atau Peluang?

Situasi dunia penyiaran Indonesia saat ini tidak saja seberaneka ragam rasa masakan lokal, sebanyak pulau-pulau, tetapi juga serumit upacara pernikahan. Hal ini terutama menarik bagipara investor, apalagi dengan pertumbuhan populasi yang sehat dan belanja iklan yang memikat. Dengan cakupan 10 kota di Indonesia, AGB Nielsen Media Research melaporkan survey kepemirsaan dari 42 juta pemirsa berumur 5 tahun ke atas.

Pertumbuhan TV Memecah Pemirsanya

Dengan semakin banyaknya saluran TV terrestrial, pemirsa berkesempatan lebih besar untuk menikmati siaran TV secara cuma-cuma. Efek sampingnya tentu saja sudah dapat diperkirakan: Fragmentasi. Saat ini, stasiun TV harus berjuang keras untuk mempertahankan share kepemirsaan, bahkan lebih sulit untuk meningkatkannya.

Ke Manakah Uangnya?

Cukup adil untuk mengatakan bahwa pengiklanlah yang harus membayar hiburan gratis yang dinikmati pemirsa di rumah. Para pengiklan juga harus berhadapan dengan beragam pilihan saluran, tapi pengambilan keputusan tidaklah semudah memindahkan saluran TV dengan ujung jari.

Dynamic Targets: Menemukan Penonton di Antara Bukan Penonton

Dynamic target adalah target pemirsa yang didasarkan atas perilaku menonton. Jadi, target ini bukan saja tentang pemirsa, tetapi juga mengenai mereka yang bukan pemirsa dari suatu program, paruh waktu, atau iklan tertentu.

Seminar Komunikasi dan Edukasi TAM

Kota Tujuan: Medan dan Surabaya

Setelah pelaksanaan Seminar Komunikasi dan Edukasi tentang TV Audience Measurement (TAM) di tiga kota (Bandung, Palembang, dan Makassar), Medan dan Surabaya menjadi kota tujuan berikutnya. Seminar ini (25/10 di Medan dan 13/11 di Surabaya) didukung oleh P3I (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia), serta stasiun TV nasional dan lokal. Tujuan dari seminar ini adalah untuk berbagi pengetahuan tentang TAM dan praktik penggunaannya di dalam industri.

FAQ tentang Survei Kepemirsaan TV

Newsletter #14/Oktober 2007

10/10/2007 - Indonesia

Kebiasaan Nonton Naik 25% Saat Puasa

Antusiasme pemirsa menyaksikan TV sangat luar biasa, terutama saat Sahur, pada dua minggu pertama puasa. Berdasarkan data harian AGB Nielsen Media Research di 3 kota besar, yaitu Jakarta,Surabaya , dan Bandung ,yang merepresentasikan 80% dari total populasi TV di 10 kota besar cakupan, jumlah pemirsa pada 12 hari pertama puasa (13-24 September 2007) naik hingga 25% dibandingkan dengan periode reguler (1-12 September 2007).

Tren 5 tahun: Populasi TV Naik, Rating Total Turun, Spot Bertambah

Seiring dengan bertambahnya kota survei AGB Nielsen Media Research dalam 5 tahun terakhir (2003- 2007), yang diikuti juga dengan kenaikan populasi TV di masing-masing kota, persentase jumlah pemirsa (rating total) justru memperlihatkan penurunan. Apakah kedua hal ini berhubungan?

Beda Kota, Beda Penonton

TV lokal bukan saja menghadirkan sesuatu yang berbeda kepada pemirsa dengan sajian khas daerahnya. Dilihat sebagai stasiun alternatif di antara stasiun TV nasional, TV lokal memperlihatkan kecenderungan kepemirsaan yang berbeda. TV lokal memuncak pada paruh waktu yang berbeda-beda, sedangkan TV nasional cenderung menggemuk saat prime time (18.00-22.30). Pada edisi kali ini, giliran kota-kota di luar Pulau Jawa yang ditilik kepemirsaan TV lokalnya.

Memproses Modul Lebih Mudah dengan Task Scheduler

Task Scheduler adalah salah satu fasilitas di dalam Arianna yang mempermudah pengguna dalam memproses sejumlah modul secara otomatis. Fungsi ini mirip dengan fungsi Director di dalam MediaSuite, namun tentunya jauh lebih baik. Sekali saja parameter ditetapkan, kita bisa menjadwalkan hari tertentu dalam seminggu atau jam tertentu agar Arianna memproses analisis secara otomatis.

Pelatihan TAM Bersertifikasi untuk Publik di Tahun 2008

Menanggapi kebutuhan publik akan pengetahuan tentang metodologi TAM (TV Audience Measurement) dan aplikasi perangkat lunak Arianna di dalam industri, AGBNielsen akan meluncurkan Program Pelatihan TAM & Arianna Bersertifikasi di tahun 2008. Program ini adalah Program Pelatihan Bersertifikasi Lokal yang akan berlangsung selama 3 hari untuk modul pelatihannya. Peserta bisa dari industri TV, Agensi Periklanan, Rumah Produksi, Pengiklan, mahasiswa atau dosen.

FAQ tentang Survei Kepemirsaan TV

Newsletter #13/September 2007

14/9/2007 - Indonesia

Siapa Pemirsa Ajang Pencarian Bakat?

Akhirnya, Mama Mia (Indosiar) sampai pada babak final pada Selasa lalu (11/09). Namun, di sini bukan hendak berbicara tentang pemenang ajang tersebut. Sebagai program hiburan yang menghadirkan kedekatan di antara ibu dan anak, Mama Mia menjadi salah satu ajang yang menarik perhatian, baik bagi para ibu maupun para gadis remaja.

Menjelajah Web dan Menonton TV dalam Genggaman

Pada Juli 2007, CTIA – organisasi perdagangan untuk industri telekomunikasi nirkabel – mencatat ada lebih dari 239 juta pelanggan teknologi nirkabel di Amerika. Dengan banyaknya pelanggan teknologi ini, tingkah laku mereka atas teknologi ini pun beragam. Siapa yang menyangka pada 25 tahun yang lalu bahwa menonton video klip, misalnya, bisa dilakukan di dalam genggaman tangan kapanpun dan di manapun?

Layanan Baru Pendukung Industri

AGB Nielsen WAP

Terkait dengan penggunaan telepon selular sebagai media berjalan yang bisa mengakses web di manapun dan kapanpun, saat ini sudah dikembangkan teknologi WAP untuk mengirimkan informasi data harian kepemirsaan TV.

Web Shop

Layanan yang juga sedang dikembangkan untuk industri adalah Web Shop; toko virtual yang menyediakan data dalam format standard dan customized (sesuai pesanan). Laporan dalam bentuk standar, di antaranya adalah Viewing Reports (tentang channel share), Program Reports (tentang program unggulan di setiap stasiun TV), dan TV Ad Reports (tentang iklan).

TAM Excursion 2007 : Selamat Datang di Taiwan

AGB Nielsen akan mengadakan Studi Banding mengenai Survei Kepemirsaan TV atau TV Audience Measurement (TAM) yang ke-2 di Taiwan. Mengapa Taiwan? Taiwan adalah salah satu pasar yang kompleks di kawasan Asia.

Memprediksi dengan FPO

FPO lahir karena adanya kebutuhan akan informasi rating mendatang secara akurat, baik dari pihak stasiun TV untuk menjual jam tayang, maupun dari pihak agensi iklan agar mencapai sasaran secara akurat.

Brand Equity: Studi Winning Brands Sindikasi untuk Stasiun TV

Winning Brands adalah suatu pengukuran yang digunakan untuk mengungkap bagaimana suatu produk menciptakan perbedaan di antara produk-produk lainnya, termasuk memberi jawaban atas berbagai isu manajemen produk. Nielsen Winning Brands digunakan dalam hal manajemen produk untuk mengukur pengaruh dari semua aktivitas marketing atas Brand Equity.

FAQ tentang Survei Kepemirsaan TV

Rating Harian Mencakup 80% Populasi TV

Semenjak Agustus 2007, pengguna data Survei Kepemirsaan TV dapat memperoleh rating harian dari tiga kota survei AGBNielsen. Rating harian dari Jakarta, Bandung, dan Surabaya sudah mencakup 80% populasi TV.

AGBNielsen Executive High Tea

Pada 4 September silam, AGBNielsen mengadakan Executive High Tea Gathering di Ritz-Carlton Hotel. Lebih dari 70 pengambil keputusan dari stasiun TV, agensi periklanan, dan pengiklan berkumpul dalam acara ini.

Seminar Komunikasi & Edukasi tentang TAM: Berbagi dengan Makassar

AGBNielsen mendukung industri dengan teknologi mutakhir untuk menyediakan Survei Kepemirsaan TV. Data yang dihasilkan oleh pengukuran ini tidak hanya kompleks dan tidak semata-mata mengenai rating. Analis, pengguna data, dan praktisi menggunakan data-data ini untuk diubah menjadi informasi yang berharga dalam mencapai performa terbaik di industri mereka.

Newsletter #12/August 2007

2/8/2007 - Indonesia

Ketatnya Pertarungan di Awal Prime Time

Prime Time boleh dibilang merupakan paruh waktu yang sangat ketat persaingan. Dengan potensi pemirsa yang paling tinggi, Prime Time biasanya sudah dimulai sejak pukul 18.00, dan kebanyakan stasiun TV menghadirkan sinetron yang tayang setiap hari. Pada kwartal 2 (April-Juni) 2007, program-program yang bersaing ketat pada paruh waktu ini antara lain adalah Intan (RCTI), Cinderella (SCTV), dan Si Entong (TPI).

Mampukah TV Lokal Bertahan di Tengah Dominasi TV Nasional?

Perolehan kue share pemirsa TV lokal di antara TV nasional menurun pada periode Januari-Juni 2007 dibandingkan periode yang sama tahun 2006, yaitu dari 2,7% menjadi 2,4%. Berdasarkan data kepemirsaan AGB Nielsen Media Research yang mencakup 10 kota besar di Indonesia dan memantau pemirsa usia 5 tahun ke atas, jika dibandingkan dengan kue share pemirsa sebesar 97,6% yang diraih oleh TV-TV nasional pada semester I 2007, perolehan tersebut tentunya sangatlah kecil. Lalu akankah TV lokal mampu bertahan di tengah dominasi TV nasional?

Menonton Sendiri atau Berdua?

Modul baru Arianna, Co-Viewing, memberikan suatu pemahaman baru bagi para pengguna data. Dengan analisis ini, pengguna bisa mengetahui siapa menonton TV bersama siapa. Informasi seperti ini menjadi sangat bermanfaat bagi para pengiklan, terutama mereka yang mentargetkan ibu dan anak-anak.

Daily Rating di 3 Kota Terbesar

Informasi daily rating yang diperkenalkan pertama kali untuk market Jakarta pada Maret 2007, kini juga mencakup Bandung dan Surabaya. Rating harian untuk Bandung sudah tersedia sejak pertengahan Juli 2007, sedangkan untuk Surabaya sejak akhir Juli 2007.

Data Pay TV Sudah Tersedia

Dengan karakteristik pemirsa yang berbeda dengan TV terestrial (Free-to-Air), informasi mengenai kepemirsaan TV berbayar (Pay TV) tentunya menjadi sangat berguna, baik bagi para pemain industri TV terestrial, TV berbayar maupun bagi para pengiklan.

Nielsen Press Club:Menginformasikan Temuan Terbaru pada Pers

Nielsen Press Club yang dibentuk pada tahun 2003, hingga saat ini terus berjalan setiap dua bulan sekali. Setiap pertemuan biasanya dihadiri oleh 15-20 jurnalis dari berbagai media, baik majalah, surat kabar, tabloid, internet, radio, maupun stasiun TV.

Seminar Komunikasi dan Edukasi tentang TAM

Sejak bulan Juni lalu, AGB Nielsen Media Research mengadakan Seminar Komunikasi dan Edukasi tentang Survei Kepemirsaan TV (Television Audience Measurement/TAM). Sebagai bagian dari program tanggung jawab perusahaan dalam berbagi pengetahuan yang berkelanjutan, seminar ini bertujuan untuk membantu keberlangsungan industri pertelevisian ke arah yang lebih positif. Target dari seminar ini adalah para akademisi dan praktisi, baik TV maupun agensi periklanan lokal. ”Banyak pihak yang berbicara tentang rating, namun hanya secara umum. Kenyataannya sebaliknya. Persentase yang dipahami banyak pihak dari istilah rating, kekuatan dan keterbatasannya sangatlah kecil,” komentar Prof. Deddy Mulyana, ahli Komunikasi dari Universitas Padjadjaran, ...

Newsletter #11/July 2007

4/7/2007 - Indonesia

Betawi Punya Cerita

Sampai saat ini, sinetron masih merupakan program dengan tingkat kepemirsaan yang tinggi, baik dilihat dari sisi jumlah pemirsanya maupun dari sisi waktu yang dihabiskan oleh pemirsa untuk menonton sinetron. Salah satu kisah yang tak lekang dimakan waktu adalah sinetron bertema Betawi. Meskipun berkisah tentang romantika warga Betawi, pemirsanya ternyata bukan hanya mereka yang berdomisili di Jakarta.

Menyambangi TV Lokal di Surabaya dan Denpasar

Seperti halnya di kota-kota survei AGB Nielsen Media Research lainnya, TV-TV lokal juga bisa ditemui di Surabaya dan Denpasar. TV Lokal yang mengudara di Surabaya di antaranya adalah TVRI2, JTV, dan Space Toon, sedangkan TV lokal di Denpasar adalah Bali TV.

Bisakah Mengukur Loyalitas Pemirsa?

Seberapa besarkah loyalitas pemirsa terhadap program tertentu? Apakah program dengan perolehan rating tertinggi, kesetiaan pemirsanya juga tinggi? Ataukah tidak ada hubungan di antara keduanya? Berdasarkan data kepemirsaan pada periode 17-23 Juni 2007 pada semua target pemirsa, lima program dengan perolehan rating tertinggi adalah Candy (7.9), Si Entong (7.9), FTV Kugapai Cintamu (7.6), Abu Nawas dari Betawi (7.5), dan film barat Anaconda the Hunt (7.2). Dari sisi jumlah pemirsa, Candy dan Si Entong memperoleh pemirsa terbanyak dengan angka rating yang sama pada semua target pemirsa.

Seminar: Mengenal Survei Kepemirsaan TV Lebih Dekat

Istilah ’rating’ seringkali digeneralisasikan sebagai keberhasilan program yang menentukan keberlangsungan stasiun TV. Padahal hanya sedikit yang selama ini diketahui tentang rating, keterbatasannya, dan penggunaannya di dalam industri TV dan agensi media. Yang justru terlihat sangat jelas adalah adanya kesenjangan pengetahuan, terutama di antara praktisi, akademisi, dan masyarakat.

TAM Workshop di Shanghai

Pada 19-22 Juni lalu, acara tahunan TAM (Television Audience Measurement) Workshop ke-12 diselenggarakan di Shanghai, Cina. Workshop ini dihadiri oleh 265 delegasi dari semua negara AGB Nielsen. Delegasi Indonesia diwakili oleh AGB Nielsen Media Research Indonesia, Asia Global Media (ANTV), Hakuhodo, MNC Corp. (Global TV dan TPI), SCTV, dan TRANS Corp.

Newsletter #10/June 2007

27/6/2007 - Indonesia

Arena Pertarungan TV Menghangat!

Geliat persaingan yang sangat dinamis terus bergejolak di antara stasiun-stasiun TV, bahkan menghangat belakangan ini. Berdasarkan data kepemirsaan AGB Nielsen Media Research pada periode 1-26 Mei di semua target pemirsa, Program Top 10 berdasarkan rating memperlihatkan pergerakan. Meski program lokal masih menjadi raja, sinetron tidak lagi terlalu dominan di dalam Program Top 10.

Mitos Rating sebagai Penentu Hidup Matinya Program TV

Berdasarkan data kepemirsaan AGB Nielsen Media Research pada periode Januari-April 2007, terjadi penurunan jumlah program horor/mistis di layar kaca, sementara program anak bertambah. Fenomena ini bertolak belakang dengan asumsi beredar bahwa stasiun TV akan selalu memproduksi program yang memberikan rating tinggi, walaupun program tersebut tidak ber’kualitas’. Sebaliknya, program untuk anak-anak yang mendidik kurang diperhatikan karena mendapat rating yang kecil. Apakah benar bahwa rating adalah penyebab menjamurnya program dengan kualitas rendah karena stasiun TV mengejar profit, dengan asumsi program dengan rating tinggi akan mendapatkan lebih banyak iklan?

Durasi Iklan Bertambah

Clutter iklan bertambah tahun ini. Berdasarkan pengukuran kepemirsaan di Januari-April 2007 di 10 TV nasional, durasi iklan meningkat hampir di semua tipe program dibandingkan tahun lalu.

Modul Forecasting, Planning & Optimizing yang Ditunggu-tunggu

FPO atau modul Forecasting, Planning & Optimizing dalam Arianna v. 6.05 sudah diperkenalkan di semua pasar Asia, termasuk Malaysia. Selangkah lebih maju daripada software optimizer lainnya, FPO Arianna dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan pasar Indonesia dengan memperkenalkan kemampuannya untuk memperhitungkan diskon, paket, dan spot bonus. Lebih jauh lagi, angka rating yang dihasilkan berdasarkan pada rating iklan, sehingga pengguna tidak perlu lagi membuat “buffer” untuk rencana medianya.

Newsletter #09/May 2007

7/5/2007 - Indonesia

Belanja Iklan Tumbuh Positif di Kwartal Pertama

Tidak disangkal lagi, iklan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi keberlangsungan industri penyiaran komersial. Dengan berkontribusi pada industri, iklan mencoba menarik kesadaran konsumen terhadap produk tertentu. Semakin besar jumlah pemirsa, semakin besar pula kesempatan sebuah produk dilihat oleh target pemirsanya. Dan semakin sering target pemirsa tertentu melihat iklan tersebut, semakin tinggi tingkat kesadarannya, yang pada gilirannya akan mengarahkannya pada upaya untuk mencoba, bahkan membeli produk tersebut. Itulah sebabnya produk-produk baru biasanya memilih program dengan rating tinggi demi mencapai kesadaran sebanyak mungkin pemirsa.

Kompetisi di Antara Channel Lokal di Semarang dan Yogyakarta

Menyambung artikel bulan lalu mengenai menjamurnya lokal TV di sejumlah kota di Indonesia pada beberapa tahun terakhir, kali ini giliran pemirsa lokal dan TV lokal di Jawa Tengah (Semarang and Yogyakarta). Berdasarkan data kepemirsaan AGB Nielsen Media Research pada kwartal pertama 2007, pola kepemirsaan kedua kota tersebut terlihat mirip, namun Semarang memiliki lebih banyak penonton dibandingkan Yogyakarta hampir di semua paruh waktu. Sepanjang pagi hingga prime time awal, jumlah pemirsa di Semarang lebih tinggi daripada Yogyakarta. Sementara, pemirsa potensial di Yogyakarta sedikit lebih tinggi daripada Semarang hanya di prime time (18.45-20.00).

Exclusive Reach vs. Loyalty: Apakah Bedanya?

Ketika menemukan Exclusive Reach (EXR) dan Loyalty (modul baru yang tersedia dengan premium cost pada Arianna v. 6.05) saat melakukan analisis di dalam Arianna, Anda mungkin bingung akan perbedaannya. Keduanya seolah merujuk pada istilah yang sama, yaitu keterikatan. Ya, keduanya memang digunakan untuk mengukur keterikatan terhadap program atau paruh waktu tertentu.

Newsletter #08/Apr 2007

12/4/2007 - Indonesia

Prime Time = Sinetron? Benarkah?

Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa sinetron adalah program yang sangat penting bagi sebagian besar stasiun TV dan prime time adalah jam tayang yang dipenuhi oleh program ini. Beberapa channel bahkan masih bersaing dengan program sinetron hingga tengah malam. Pemirsa pun dihadapkan pada beragam pilihan judul sinetron. Kalau mereka tidak menyukai satu judul sinetron, mereka bisa memilih judul lainnya. Dengan mudah, mereka bisa berpindah di antara dua atau lebih sinetron pada saat yang bersamaan. Hingga saat ini, tampaknya sinetron masih merupakan program yang paling banyak ditonton.

Ketika Televisi Lokal Bersaing di Tingkat Lokal

Semenjak mengisi ruang publik di awal tahun 2000-an, stasiun-stasiun TV lokal di berbagai daerah memberi warna baru bagi dunia pertelevisian di Indonesia. Setelah lebih dari 10 tahun dunia pertelevisian kita didominasi oleh beberapa stasiun TV swasta nasional dan satu stasiun TV publik, masyarakat mendapat alternatif tontonan dengan menjamurnya TV-TV lokal. Khususnya di Jakarta dan Bandung saja tercatat ada delapan stasiun TV lokal yang beroperasi.

Simulasi Sederhana untuk Merencanakan Kampanye

Simulasi adalah modul yang memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan kampanye dengan memodifikasi kampanye iklan yang sudah tayang. Simulasi juga memungkinkan pengguna untuk menambah (mungkin saja dari merek lain) atau menghilangkan spot dari kampanye yang sudah dijalankan. Simulasi hasil dari kampanye virtual tersebut nantinya berguna dalam mengoptimalkan kampanye mendatang dan belanja iklan.

Arianna Customer Experience Survey

Seperti Anda ketahui bahwa setiap kali Arianna diinstal atau di-upgrade, Anda akan diminta untuk ikut serta dalam “Customer Experience Survey”. Karena hasil survei ini akan memberikan informasi timbal balik yang sangat berharga mengenai penggunaan Arianna secara statistik, kami akan sangat berterima kasih jika Anda berpartisipasi dalam survei ini.

Newsletter #07/Mar 2007

23/3/2007 - Indonesia

Komedi Romantis di Hari Kasih Sayang

Hari Valentine identik dengan perayaan kasih sayang. Sebagai hari perayaan cinta, tradisi masyarakat barat ini umumnya dirayakan oleh generasi muda dan kebanyakan adalah pasangan. Untuk meramaikan nuansa cinta kasih di antara pasangan, di minggu perayaan Valentine, beberapa stasiun TV menghadirkan program-program spesial Valentine. Di antara program-program tersebut adalah film-film drama romantis dengan bintang-bintang sekelas Jennifer Lopez, Drew Barrymore, Matthew McConaughey dan Hugh Grant.

Perlukah Pembatasan Iklan?

Ketegangan, ledakan, dan percikan senjata api tiba-tiba tergantikan oleh gadis cantik berambut panjang yang memamerkan keindahan rambutnya. Keasyikan menonton pun terganggu karena ternyata adegan seru tersebut terpotong iklan shampoo. Kalimat berikut pun mungkin akrab di telinga pemirsa: “Jangan ke mana-mana. Kami akan kembali setelah pesan-pesan berikut”. Saat dihadapkan pada situasi tersebut, pilihan pemirsa adalah bertahan menonton iklan, memainkan tombol remote control untuk mencari program di stasiun TV lain, melakukan aktivitas lainnya atau mematikan TV. Jadi perlukah ada pembatasan iklan untuk mempertahankan pemirsa pada program tertentu? Siapakah yang diutamakan para pengusaha TV, apakah pemirsa atau pengiklan?

Berapa Biaya untuk Meraih Pemirsa Saya?

Cost-Per-Thousand (CPM) dan Cost-Per-Rating-Point (CPRP) adalah dua metode yang digunakan dalam mengevaluasi efisiensi media. CPM adalah rasio atas biaya yang dikeluarkan untuk menjangkau seribu orang, sementara CPRP adalah rasio atas biaya yang dikeluarkan untuk membeli satu angka rating atau satu persen dari populasi TV.

FPO Merencanakan Kampanye Iklan Lebih Akurat

Forecasting, Planning, and Optimization (FPO) lahir karena adanya kebutuhan untuk meramalkan rating iklan yang akan datang secara akurat dalam rangka merencanakan penempatan iklan TV seoptimal mungkin. Industri membutuhkan suatu perangkat yang bisa membantu jaringan TV menjual jam tayang secara lebih baik dan membantu agensi untuk mencapai tujuan kampanye. Sementara perangkat yang ada saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Rating Harian Sudah Mulai

Industri TV adalah salah satu industri yang paling dinamis. Saat ini, sepuluh stasiun terestrial, yang jangkauannya mencapai skala nasional, dan belasan stasiun lokal bergabung dalam gelanggang kompetisi yang semakin ketat. Dengan kompetisi yang juga semakin keras, kecepatan menjadi kunci utama, di mana para pelaku industri ini membutuhkan informasi yang lebih awal dan lebih cepat untuk mendukung pengambilan keputusan mereka.

Layanan rating harian membawa industri pertelevisian nasional selangkah lebih maju. Informasi terperinci mengenai program tertentu yang sebelumnya baru bisa diperoleh maksimal 10 hari setelah penayangan, dengan adanya rating harian, informasi-informasi yang dibutuhkan bisa diperoleh hanya sehari setelah penayangan. Teknologi rating harian ini memungkinkan industri TV untuk memantau perkembangan programnya, termasuk program saingannya secara lebih intensif dan lebih cepat.

Panduan Nielsen Menuju Academy Awards 2007

Beberapa bisnis Nielsen, termasuk Nielsen EDI, Nielsen SoundScan, Nielsen BookScan, Nielsen Media Research, Nielsen Monitor-Plus, Nielsen//NetRatings, Nielsen BuzzMetrics, dan Scarborough Research, meluncurkan informasi mengenai konsumen dan media yang terkait dengan besarnya pengaruh Academy Awards pada masyarakat Amerika.

Newsletter #06/Feb 2007

15/2/2007 - Indonesia

Hasil Telebus Survey Wave 3: Minat Pemirsa Turun?

Secara reguler, AGB Nielsen melakukan Telebus Survey untuk melengkapi temuan data dari pengukuran kepemirsaan TV (TAM) melalui people meter. Survei dilakukan melalui telepon, yang pada gelombang ke-tiga ini mencakup wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan 200 responden berusia 10 tahun ke atas selama 24-26 November 2006. Telebus Survey melengkapi TAM dalam hal menemukan alasan-alasan yang menyebabkan perubahan-perubahan tertentu pada pengukuran tersebut.

Apa Itu Gross Rating, Net Rating, & Commercial Rating?

Sebelum tahu lebih jauh tentang ketiganya, sebaiknya kita mengenal rating terlebih dahulu. Dalam formatnya yang paling sederhana, rating menunjukkan jumlah orang yang menonton program tertentu pada paruh waktu tertentu. Program A, contohnya, berhasil memperoleh rating sebesar 3%. Ini berarti sebanyak 3% dari total populasi yang berusia 5 tahun ke atas di dalam wilayah yang bisa mengakses TV, menonton program tersebut. Misalnya, survei dilakukan terhadap populasi yang berjumlah 10.000 individu, dengan rating 3% artinya sebanyak 300 individu di antaranya menonton program tersebut.

Loyalty Mengukur Kesetiaan Pemirsa

Sudah sangat lumrah kalau menonton televisi menjadi salah satu aktivitas yang paling diminati untuk mengisi waktu luang. Jika pemirsa menyukai program tertentu, diasumsikan mereka tidak akan beralih dari program tersebut atau jika yang ditonton adalah serial, mereka akan menonton setiap episodenya. Sungguh sebuah intrik untuk mengukur kesetiaan pemirsa pada program atau serial tertentu.

Siapa Menonton Bersama Siapa?

Televisi adalah media elektronik yang bersifat massal. Bukan saja dalam hal penyebaran pesan, tetapi juga dalam hal konsumsi pesan. Televisi bisa ditonton beramai-ramai, tetapi bisa pula sekedar menjadi teman kencan. Untuk menjawab kebutuhan akan data kepemirsaan yang lebih komprehensif, maka dikembangkanlah analisis untuk mengukur kepemirsaan bersama itu. Dalam Arianna, analisis ini dikenal dengan analisis Co-Viewing. Analisis ini akan sangat menguntungkan saat melakukan perencanaan media untuk produk anak-anak. Pengiklan biasanya ingin mengetahui apakah anak-anak dan ibunya menonton program TV tertentu bersama-sama.

TV + PC, Revolusi Teknologi Komunikasi

Saat ini adalah saat berkembangnya revolusi komunikasi, di mana teknologi komunikasi bergerak ke arah yang semakin canggih. Bayangkan saja teknologi komunikasi yang paling dekat dengan kita, telepon selular (ponsel). Aliran kemajuan teknologi begitu cepatnya sehingga umur sebuah ponsel hanya akan bertahan kurang dari dua tahun.

Nielsen Mulai Mengukur Video Mobile dan Online

Menjawab tantangan zaman akan semakin berkembangnya teknologi digital yang konvergen, NIELSEN MEDIA RESEARCH memasang software pelacak Internet di komputer rumah pada rumah tangga rating TV secara diam-diam. Metode ini sekaligus menandai langkah pertamanya dalam pengembangan riset yang diberi nama “panel integrasi” yang mengukur TV tradisional, sekaligus video online.

Film Paling Populer di 2006 Adalah ...

Mengakhiri tahun 2006, beberapa bisnis pelacakan media Nielsen mengeluarkan tren media paling populer di antara publik Amerika selama tahun 2006. Ini adalah pertama kalinya Nielsen mengeluarkan produk kompilasi “Top 10”. Tren media yang dimonitor oleh Nielsen antara lain adalah di televisi, film, video, musik, ponsel, internet, buku, dan iklan.

Kini Arianna™ Hadir di Amerika

Nielsen Media Research, unit bisnis dari The Nielsen Company, mengumumkan peluncuran software Arianna™ yang digunakan untuk menganalisis data rating pada pasar lokal untuk pertama kalinya di Amerika.

Berkat Global Disaster Recovery Site

Selama musibah banjir menimpa Jakarta, AGB Nielsen Media Research yang berbasis di Jakarta, tetap menyediakan layanan TV rating harian dan mingguan secara terus-menerus, dengan bantuan layanan Global Disaster Revocery Site (GDRS).

Favorite site: www.tribun-timur.com

20 comments:

Anonymous said...

Mir haben die Webseite, mit der riesigen Zahl der Informationen nach dem Sie interessierenden Thema empfohlen. levitra generika kaufen levitra bestellen [url=http//t7-isis.org]cialis 5mg preis[/url]

Anonymous said...

よん、ご、ろく [url=http://japanese-garden.org]バイアグラ 服用[/url] バイアグラ 個人輸入

Anonymous said...

Cool flash games. Don't miss!!!

Anonymous said...

gay merriman Smoothly write, young man, and I still can not go, sloppy somehow beyond the text from the pen I think this is correct with time. I do not know about you, but I like it! There is. Really? amazing. Blog super, everything would be different! Thank you very much! I took a too-handy. Laugh not a sin, but admit it when you read this information at least surprised me:)) Well of course tin ... I do not know about you, but I like it! There is.

Anonymous said...

edison sex scandal photo The site just super, I will recommend to friends! All zdryam! Today marked the second anniversary maintaining your blog. Congratulations on not imposing ourselves, we would like to know the author and perhaps a comment: and what time you run your resource? Frankly, had difficult moments, when visited by the thought to throw this case. First, because of the departure of the index of PS Yandex, later - due to lack of time. But after a while you begin to understand that it is sometimes useful to lay out on the list (in this case on the web page your thoughts, share something interesting with our readers. The author of this resource would like to wish the inspiration for the new positions will never leave! Good luck ... rasskau you also an interesting story .. while I'm alive, I will remember your resource zanoshu in bukmarki .... moskvasoset i ne ebet! You know now who rarely writes on the subject, very pleasant to read, I would advise to add more pictures! Greatest number of people can join only the lowest common denominator. - FA Hayek You read this and think ....

Anonymous said...

expressing anal glands You normally happy about us with the best phrases thanks, take! STUDY theme! moskvasoset i ne ebet! rasskau you also an interesting story .. Who is mulberry? All true, but how else? Many find useful for themselves Thank you, useful thing. Thank you, useful thing.

Anonymous said...

strep throat in adults Really? amazing. I can not understand what was happening, but my current 2 images loaded. (((A vasche liked! fabulous idea ... we would learn ... great. Greatest number of people can join only the lowest common denominator. - FA Hayek Thank you very much! I took a too-handy. Interestingly, and cognitive, and will have something on this subject? I like your posts I NRA) is a good idea.

Anonymous said...

pattaya sex Classroom paper, by the way the author would like to offer yandeks.deneg chip set from the site, "Give the ruble." I would give, so to speak on the maintenance. How delightful !!!!!!!!!!!!) Thank you! In quotations! A huge thank you to a human, a very topical note. very nice, so we would have done so Yes, the internet - is vast, even if it is possible to find read with pleasure The morning began with a wonderful article, thank you!

Anonymous said...

gay warner robins very nice, so we would have done so Cool Added to your bookmarks. Now will you read much more often! and how difficult it is to your own blog? super original Yes, but it's not all ... I hope it will still Blog super, everything would be different! fantastic! ...

Anonymous said...

san francisco gay massage I read a similar article on this subject, but you have quite a different opinion, thanks, it was interesting to compare Yeah, sure, that there still might say. Well of course tin ... Thank you very much! I took a too-handy. Really? amazing. I read a similar article on this subject, but you have quite a different opinion, thanks, it was interesting to compare class) I ponra) especially! Many find useful for themselves

Anonymous said...

women with massive tits having sex Who is mulberry? All true, but how else? cool You normally happy about us with the best phrases thanks, take! Cool everything: the picture and information How delightful !!!!!!!!!!!!) Exl how old dupe! Greatest number of people can join only the lowest common denominator. - FA Hayek All zdryam! Today marked the second anniversary maintaining your blog. Congratulations on not imposing ourselves, we would like to know the author and perhaps a comment: and what time you run your resource? Frankly, had difficult moments, when visited by the thought to throw this case. First, because of the departure of the index of PS Yandex, later - due to lack of time. But after a while you begin to understand that it is sometimes useful to lay out on the list (in this case on the web page your thoughts, share something interesting with our readers. The author of this resource would like to wish the inspiration for the new positions will never leave! Good luck ...

Anonymous said...

sex positions in the shower In my opinion you stole this article and placed on another site. I had already seen. A great portal, but it's worth more to add information moskvasoset i ne ebet! You read this and think .... A salary of between 5% per day The author, and you are out of town? Thank you! In quotations! Do you RSS in a curve encoding! A great portal, but it's worth more to add information

Anonymous said...

gay bed and breakfast of terror read with pleasure zabavno I NRA) is a good idea. Thank you great! blog in my favorites IMHO, the author is wrong Accidentally saw. Not expect. very nice, so we would have done so

Anonymous said...

mommy diaper phone sex I like your posts Yeah, sure, that there still might say. Super! Everything is very clear and competently, and at the same time without philosophising and narcissism, and in accessible language. Rare case when a person is divided into topical and interesting infoy. Thanks to author! I do not know about you, but I like it! There is. Classroom paper, by the way the author would like to offer yandeks.deneg chip set from the site, "Give the ruble." I would give, so to speak on the maintenance. Many find useful for themselves п»їVery interesting! Not very often can not understand how to update your blog? Blog just super, I will recommend to friends!

Anonymous said...

devotions for adult children of alcoholics A great portal, but it's worth more to add information rasskau you also an interesting story .. share: but we have to work all pouvolnyali, and what to do now? Thank you great! Thanks to a huge, super article. All zdryam! Today marked the second anniversary maintaining your blog. Congratulations on not imposing ourselves, we would like to know the author and perhaps a comment: and what time you run your resource? Frankly, had difficult moments, when visited by the thought to throw this case. First, because of the departure of the index of PS Yandex, later - due to lack of time. But after a while you begin to understand that it is sometimes useful to lay out on the list (in this case on the web page your thoughts, share something interesting with our readers. The author of this resource would like to wish the inspiration for the new positions will never leave! Good luck ... Really? amazing. The morning began with a wonderful article, thank you!

Anonymous said...

why gay is acceptable You can still search in Google .. Just do not believe IMHO, the author is wrong On your blog, familiar in the ICQ link tossed. It turned out that nothing I liked. Tepr always read will A great portal, but it's worth more to add information You normally happy about us with the best phrases thanks, take! How delightful !!!!!!!!!!!!) Exl how old dupe!

Anonymous said...

adult services advertisments london newspapers Super! Everything is very clear and competently, and at the same time without philosophising and narcissism, and in accessible language. Rare case when a person is divided into topical and interesting infoy. Thanks to author! Yes, the news went on inetu and distributed by starshnoy force How delightful !!!!!!!!!!!!) super original Accidentally saw. Not expect. Thank you! Article interesting. Greatest number of people can join only the lowest common denominator. - FA Hayek Greatest number of people can join only the lowest common denominator. - FA Hayek

Anonymous said...

kent meridian high school winston cup racing raquel darrian movies anxiety attacks after quitting smoking contributing factors to smoking how is banning smoking constitutional old vogue magazine covers puff the magic tampon smoking mistresses

Anonymous said...

you porn hentai Here you decided to help a bit, and sent this post to social bookmark. I really hope your ranking will increase. Yes, but it's not all ... I hope it will still Thank you very much! I took a too-handy. п»їVery interesting! Not very often can not understand how to update your blog? moskvasoset i ne ebet! Excellent post, after reading several articles on the subject realized that everything did not look on the other hand, a post once very interested. Thank you great! Thank you great!

brahma a said...

We will give you exceptional providing in addition to move solutions. It's genuine that will pro shifting organizations have to have very good amount of cash nonetheless they preserve over their particular charge to suit your needs with regards to secure transferring involving important things, ones energy in addition to stress totally free separation.
packers and movers marathahalli