Tuesday, November 27, 2007

PROFIL RADIO, KIAT PENGELOLA, PROGRAM UNGGULAN

PROFIL RADIO, KIAT PENGELOLA, PROGRAM UNGGULAN

· Laporan-laporan berikut, yang sumbernya (link-nya) dicantumkan, menggambarkan bagaimana profil radio, kiat pengelola, dan program unggulan.

http://yayat-cipasang.blogspot.com/2005/02/rasima-radio-komunitas-dari-desa-situ.html

Tuesday, February 15, 2005

Rasima, Radio Komunitas dari Desa Situ Udik

Wilujeng siang pamiarsa sadaya
Patepang deui sareng Mang Jali di Rasima 93,7 FM
Kumaha damang, nuhun upami damangmah
Kanggo ngabeberah manah ieu lagu munggaran: Kalangkang

(Selamat siang pemirsa semuanya.
Ketemu lagi dengan Mang Jali di Rasima 93,7 FM.
Pemirsa sehat? Untuk menghibur pemirsa ini lagu pertama: Kalangkang)


SIANG
itu udara di Kompleks Taman Islam atau tepatnya di Jalan KH Abdul Hamid KM 4, Desa Situ Udik, Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat, cukup panas. Kendati demikian Mang Jali yang sedang menyapa penggemarnya bergeming meskipun ruangan studio yang sempit dan berdebu menebar hawa gerah.

Studio tempat siaran Mang Jali memang bukan studio profesional melainkan hanya sebuah ruangan sempit yang dibatasi sekat menempati sebuah bangunan dua ruang yang sebelumnya akan dijadikan tempat dagang pupuk. Namun karena belum ada modal pemiliknya merelakan ruangan itu untuk sementara disulap menjadi studio radio.

Mang Jali adalah di antara penyiar amatir di Radio Siarana Masyarakat (Rasima). Para penyiar di radio yang menempati gelombang 93, 7 FM ini memang benar-benar mengandalkan bakat alam sehingga gayanya cukup beragam tanpa pola. Kendati begitu keragaman ini malah membuat pendengarnya kian hari semakin bertambah dari anak muda hingga orang dewasa.

Namun jangan berharap Rasima dapat ditangkap di semua wilayah Bogor. Pasalnya radio yang dibidani sekelompok anak muda setahun silam ini hanya dapat dipantau di empat desa. Radio ini memang bukan untuk tujuan komersial melainkan hanya untuk menghibur dan memberi penerangan kepada masyarakat terutama pemuda, peternak sapi perah dan petani di Desa Situ Udik, sebuah desa yang letaknya 10 kilometer dari Gunung Salak.

Menurut Koordinator Radio Rasima Dudiah Syiaruddin (24), radio komunitas yang dikelolanya mengusung konsep media literacy (melek media). Artinya radio ini membawa misi agar masyarakat pedesaan cakap mengoperasikan, cakap membaca makna di belakang simbol-simbiol, cakap mencari, cakap memilih dan memilah serta cakap memproduksi program atau berita dalam sebuah media. "Ini artinya masyarakat tidak menjadi objek media massa, melainkan sebagai subjek dan berhak menentukan suatu program sesuai dengan kondisi lingkungannya," tutur Dudih yang juga mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta ini.

Dudiah dan dua rekannya masing-masing Natataatmaja (28) dan Eka Rebo Pahing (29) mengaku menggodok konsep radio komunitas itu cukup panjang. Bahkan ia memerlukan waktu dua tahun untuk mematangkan konsep tersebut hingga menjadi seperti sekarang. Sudah menjadi persoalan klasik, hal pertama yang membuat langkah ketiga pemuda yang gelisah dengan desanya itu terbentur masalah dana.

Untuk merakit pesawat radio dengan kekuatan 150 watt dan seperangkat pemancar setinggi 16 meter dihitung-hitung menghabiskan dana Rp 5 juta. "Tetapi, namnaya juga niat baik ada saja orang yang menyumbangkan dananya," kata Dudih berseri. Sementara untuk keperluan CD Player/MP3 meminjam dari tetangga.

Sementara untuk menambah koleksi kepingan CD dam MP3 terpaksa bergerilya meminjam ke teman-teman. Sebagian sumbangan dapri para pendengar yang lagunya ingin diputarkan bersama request (permintaan lagu).

Sebelumnya Dudih dan kelompoknya, sempat ragu untuk membuat radio komunitas. Sebab selain trauma karena di zaman rezim Orde Baru radio jenis ini dianggap ilegal dan kerap diberangus, juga karena belum diatur dalam undang-undang. Lebih-lebih dalam draf Rancangan Undang-undang Penyiaran yang sedang digodok DPR, keberadaan radio komunitas malah ada kabar ingin dihapus.

Wacana yang berkembang, radio kominitas dituding sebagai pemicu perpecahan di tingkat arus bawah. Namun sebaliknya, UNESCO menilai keberadaan radio komunitas dapat menciptakan tradisi demokrasi di kalangan masyarakat dengan memberikan tempat atau saluran bagi berbagai aspirasi di tingkat bawah.

Daripada bingung dengan wacana, akhirnya Dudih bersama dua rekannya itu memilih alasan yang dikemukakan UNESCO. Bahkan ia semakin yakin setelah mendapat sumbangan buku seputar radio komunitas dari badan PBB yang menangani masalah pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan itu.

Andaikan saja Dudih tetap bingung dengan wacana berkepanjangan, mungkin Rasima tak akan lahir untuk selamanya. Warga di Situ Udik pun mungkin tak akan mendengar suara Mang Jali memandu siaran lagu-lagu Sunda dan Dangdut. Bisa jadi warga juga tak akan mengetahui harga bawang, sayur-sayuran, dan cabe yang selalu diumumkan Rasima setiap malam. Tujuannya untuk membantu ibu-ibu dan memberi patokan harga sebelum paginya belanja ke Pasar Leuwiliang.

Atau bisa jadi warga tak dapat mendengarkan informasi aktual dari dua koran lokal di Bogor setiap pagi. Malah mungkin petani tak dapat bersiaran dan bercuap-cuap di corong radio membicarakan permasalahan pertanian dengann bahasa kesehariannya. Itu semua lahir karena modal nekat. “Karena asyiknya melihat antusiasme warga, sampai-sampai kami belum sempat ngurus izin siaran,” ungkap Dudih.

Dengan lima tenaga penyiar amatir, Rasima kini dapat mengudara selama 18 jam dari pukul 06.00-24.00 WIB. Latar belakang penyiar cukup beragam, mereka ada yang pengangguran, pelajar, mahasiswa dan juga pesuruh sekolah seperti Mang Jali.

Sementara program unggulan yang menjadi primadona warga di antaranya Rasima Menyapa (Menyambut pagi) pukul 0700-10.00 dan permintaan lagu yang dikemas dalam Sensasi Gado-Gado (Senggol Sana Senggol Sini) pukul 19.00-23.00. Sementara program unggulan mingguan di antaranya Kontan (Kontak Tani) yang melibatkan petani di studio serta penyuluh pertanian dan Proses (Profil Sukses). Profil sukses menampilkan orang-orang sukses di wilayah Bogor. Mereka yang sukses ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat sehingga berkeinginan untuk maju dan mau mengubah nasib. Semua daftar acara itu ditempel di kaca studio dengan perekat selotip. Dikaca juga menmpel tata tertib dan sikap siaran yang difotokopi dari buku terbitan UNESCO.

Setelah radio dirasakan cukup kuat mengudara dan diterima warga desa berpenduduk 10.720 jiwa itu, Dudih dan rekannya tak berpuas diri. Rencananya para pendengar Rasima akan diikat oleh sebuah lembaga berbentuk koperasi. Koperasi ini nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah sarana pemberdayaan ekonomi rakyat, khususnya usaha kecil dan menengah.

Bukan hanya itu, dalam waktu dekat sebagian ruangan studio pun akan dimanfaatkan untuk mendirikan sebuah perpustakaa yang mengoleksi buku-buku dan majalah bekas untuk warga desa. Ide mendirikan perpustakaan lahir setelah melihat respons pendengar Rasima yang tiap hari berkunjung ke studio. Minat baca warga ternyata cukup tinggi setelah Rasima merangsang mereka dengan memajang sejumlah koran dan majalah bekas di studio.[]

Majalah Pantau, Agustus 2002

http://www.classyfm.co.id/prog-desc.php

Deskripsi Blocking Program

News & Info

News

Talkshow

Classy Morning Sound

Senin s/d Jumat

07.00 - 09.00 WIB

Classy Morning Sound adalah program paling unggulan Classy FM, dengan format berita atau informasi dan talkshow interaktif. Program ini membahas persoalan politik, ekonomi, hukum, hankam, sosial budaya dan masalah lainnya yang menjadi sorotan publik atau menjadi current issue, baik di tingkat lokal kota Padang atau Sumatera Barat umumnya, maupun di tingkat nasional. Pembahasan dilakukan bersama narasumber yang berkompeten atau terkait langsung dengan materi pembahasan. Materi lain yang bisa dicermati di Classy Morning Sound adalah Info Cuaca, Info Kamtibmas, Hot News Today, Headline dan Berita Utama Media Cetak.

Sport Info

Classy Sport News

Minggu

07.00 s/d 09.00 WIB

Classy Sport News adalah program informatif (berita) dan interaktif tentang berbagai cabang olahraga, baik daerah, nasional maupun internasional. Classy Sport News terdiri dari 2 session, yakni informasi dan tips olahraga di session pertama, serta dialog interaktif tentang dunia olahraga Sumatera Barat di session kedua.

News Info

Classy Bulletin Today

Senin s/d Jumat

17.00 - 18.00 WIB

Classy Bulletin Today merupakan program berita dengan rangkuman informasi-informasi terkini dan aktual setiap harinya, baik berita lokal, nasional, internasional maupun berita olahraga.

Religius

Agama Islam

Talkshow-Interaktif

Classy Ad – Diin

Kamis

21.00 - 23.00 WIB

Classy Ad – Diin adalah program interaktif tentang agama Islam dan kehidupan sehari-hari yang kemudian dikaitkan dengan adat dan budaya minangkabau. Program ini dipandu seorang Announcer yang memahami dan memiliki wawasan yang luas tentang agama bersama narasumber tetap seorang Ustadz yang terkenal di kota Padang, yaitu Muslim Nur.

Comedy

Comedy Show

Jokes / Games

Classy I Like Monday, Nyablak Abizz

Senin

21.00 - 23.00 WIB

Classy I Like Monday, Nyablak Abizz adalah program humor dalam berbagai format, seperti menyambung kalimat, teka teki, cerita lucu, dan parodi berita. Program interaktif juga bertujuan untuk merubah sindrom I Don’t Like Monday menjadi I Like Monday. Pendengar yang beruntung mendapatkan hadiah dari sponsor.

Jokes / Games

Talkshow-Interaktif

Classy Saturday Coffee Morning

Sabtu

07.00 - 09.00 WIB

Classy Saturday Coffee Morning merupakan obrolan santai seputar persoalan kota dan Sumatera Barat. Program ini juga membahas lifestyle, trend serta tingkah pola yang menjadi fenomena di kota Padang atau Sumatera Barat khususnya, dan Indonesia umumnya. Program opini ini dipandu dua orang penyiar, dengan pembahasan topik dari berbagai sisi.

Lifestyle

Talkshow-Interaktif

Padang Community

Kamis

16.00 - 17.00 WIB

Program ini memberikan gambaran tentang berbagai komunitas yang ada di kota Padang dengan pola hidup dan prilaku mereka yang menarik untuk diikuti, disamping diharapkan menjadi satu cerminan dalam membangun sesuatu yang bermanfaat.

Talkshow-Interaktif

Clinic Otomotive

Jumat

16.00 - 17.00 WIB

Program interaktif bersifat konsultasi ini membahas tentang segala sesuatu yang terkait dengan otomotive, seperti mesin, onderdil, aksesoris, serta perawatan mobil. Program ini juga membahas tentang mobil baru dengan segala keunggulannya. Di program ini, pendengar bisa berkonsultasi langsung dengan esxpert di bidang otomotif tentang masalah kendaraannya. Bagi pendengar yang beruntung, mendapatkan gift berupa voucher dari sponsor.

Talkshow-Interaktif

Dunia Seluler

Minggu

14.00 - 15.00 WIB

Program interaktif ini membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan seluler, seperti handphone dan GSM atau CDMA. Dalam program ini, pendengar juga bisa berinteraksi untuk mengatasi masalah yang terkait dengan handphone dan layanan GSM. Pendengar juga akan mendapatkan informasi teknologi atau fitur terbaru dari handphone dan GSM atau CDMA dari expert yang dihadirkan ke studio. Pendengar juga bisa mendapatkan hadiah dari sponsor.

Culture

Dialog-Interaktif

Risalah Minangkabau

Rabu

16.00 - 17.00 WIB

Dialog ini menghadirkan sejarawan Minang yang akan memberikan gambaran tentang sejarah, pola hidup, adat, budaya dan tradisi yang berlaku di dalam masyarakat Minang. Program ini diharapkan menjadi sumber informasi mengenai Minangkabau bagi masyarakat.

Reguler

Music, Info, Tips

Request

Good Pagi Indonesia

Setiap Hari

06.00 - 07.00 WIB

Program pembuka pagi hari pendengar ini, memberikan kesempatan kepada pendengar untuk menyampaikan salam/greeting kepada relasi/sahabat/keluarganya serta untuk merequest lagu-lagu Indonesia yang energik. Disiarkan setiap hari jam 06.00 hingga 07.00 WIB.

Variety Show

Fresh And Relax

Senin s/d Jumat & Minggu

09.00 - 12.00 WIB

Program ini bersifat mozaik dengan multi content, yaitu berita tentang kota Padang (warta kota), kemudian kiat-kiat bisnis dan karir yang dikutip dari pakar, dialog tentang topik-topik pilihan yang sarat informasi dan edukasi, pembahasan masalah-masalah sosial yang menjadi fenomena, serta informasi dari masyarakat tentang permasalahan kota yang dialami. Acara ini juga dilengkapi dengan insert kuis dengan hadiah menarik serta informasi mengenai event-event menarik yang dilaksanakan di kota Padang saat itu. Topik dialog dalam program ini adalah :

· Kesehatan (Senin) yang membahas berbagai masalah kesehatan bersama dokter yang berkompeten.

· Lifestyle (Selasa) yang membahas segala hal yang terkait dengan gaya hidup, seperti kecantikan, pola hidup/prilaku, dll

· Profile Usaha (Rabu) yang mengetengahkan unit2 bisnis di kota Padang, dengan cerita suksesnya.

· Tokoh Minggu ini (Kamis) yang menghadirkan biografi sekaligus perbincangan dengan tokoh2 masyarakat yang dinilai sukses.

· Tourism Live (Jumat) yaitu liputan langsung dari tempat-tempat wisata di kota Padang dan Sumbar, termasuk pemaparan persoalan yang dihadapi.

· Kuliner Advetorial yang membahas berbagai hal tentang tata boga, termasuk menu dan pengemasan yang disiarkan secara live langsung dari restoran.

Music, Info, Tips

Music & Info

Classy Nice & Easy

Setiap Hari

12.00 - 14.00 WIB

Konsep program ini mirip dengan Classy Fresh Air, hanya tempo & jenis musik pada program ini lebih santai & soft. Program ini berisikan lagu-lagu pilihan serta informasi/tip ringan yang menarik. Disiarkan setiap hari jam 13.00 hingga 15.00 WIB, kecuali hari Sabtu dan Minggu jam siar ditambah, dari jam 12.00 hingga 14.00 WIB.

Music, Info, Tips

Request

Classy Request Time

Setiap Hari

14.00 - 16.00 WIB

Program ini memberikan kesempatan kepada pendengar untuk menyampaikan salam/greeting kepada relasi/sahabat/keluarganya serta untuk merequest lagu-lagu favorit mereka. Disiarkan setiap hari dari jam 14.00 hingga 16.00 WIB, kecuali Sabtu dari jam 12.00 s/d 15.00 WIB, serta Minggu jam 15.00 hingga jam 18.00 WIB.

Music, Info, Tips

Minangkabau Notes

Setiap Hari

18.00 - 19.00 WIB

Program khusus yang memuat informasi (bukan berita) tentang adat istiadat, budaya, sejarah dan kondisi sosial masyarakat Minangkabau, termasuk berbagai sejarah dan cerita yang meletarbelakanginnya. Program ini diperkuat dengan kiprah-kiprah Minang.

Music, Info, Tips

Request

Classy Late Night Show

Setiap Hari

23.00 - 01.00 WIB

Program penutup hari ini, memberikan kesempatan kepada pendengar untuk menyampaikan mendengarkan lagu-lagu slow favorit mereka, sebagai musik pengantar istirahat. Diselingi dengan kutipan filsafat dari orang-orang besar di dunia. Disiarkan setiap hari dari jam 23.00 hingga 01.00 WIB.

Special

Talkshow-Interaktif

Satu Jam Bersama DR.K.Suhaimi

Kamis

09.00 - 10.00 WIB

Program ini menghadirkan dokter ternama di kota Padang yaitu Prof.DR.K. Suhaimi yang membahas tentang kesehatan wanita.

Talkshow-Interaktif

English Corner

Sabtu

09.00 - 10.00 WIB

Program ini merupakan media bagi masyarakat kota PAdang untuk mempraktekkan kemampuan berbahasa Inggris bersama English Motivator Gita dan Firdaus. Program ini juga membahas berbagai topik menarik untuk memancing opini masyarakat.

Live-Interaktif

Obrolan Sabtu

Sabtu

10.00 - 12.00 WIB

Program interaktif ini mengangkat berbagai persoalan aktual dengan menghadirkan pelaku berita, pengamat dan pihak-pihak yang berkompeten. Program ini merupakan kerjasama Classy FM dengan Ramako FM Jakarta yang disiarkan secara langsung dari Mario's Place Jakarta.

Live-Interaktif

Super Magic Sales

Selasa

07.00 - 08.00 WIB

Program Talkshow Interaktif bersama Super Trainer Muda Reza Syarif, yang memberikan konsep Marketing Evolution. Super Magic Sales 60 menit ini memberika Tips strategy marketing yang berkembang & trik-trik jitu untuk pemasaran produk anda. Untuk berkonsultasi langsung anda dapat menghubungi 021 - 6332705 & 021 - 6332706 atau sms ke 0812 -117 - 1058.

Dialog-Interaktif

Vioce Of Campus

Senin

16.00 - 17.00 WIB

Program ini berupa dialog interaktif dengan pembicara para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di kota Padang dengan topik-topik seputar permasalahan aktual yang dikaji dari mata mahasiswa. Kajian berdasarkan analisa akademis dan dilengkapi dengan komentar pihak yang berkompeten atau terkait dengan masalah yang dibahas.

Dialog-Interaktif

Woman's Area

Selasa

16.00 - 17.00 WIB

Program interaktif ini membahas segala hal yang terkait dengan kehidupan kaum perempuan, bersama narasumber-narasumber yang berkompeten (expert) serta komunitas perempuan tertentu sebagai tamu.

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/jawa-barat/siaran-ramadan-ala-radio-ninetyniners-bandung-sahara-memulai-hari-ice-cream-teman-be.html

SIARAN RAMADAN ALA RADIO NINETYNINERS BANDUNG, Sahara Memulai Hari, Ice Cream Teman Berbuka

Rabu, 03/10/2007





Sebagai radio anak muda, Radio Ninetyniners habishabisan meracik berbagai program unggulan bagi pendengarnya pada Ramadan ini.

KOTA Bandung sejak dulu dikenal sebagai kiblat siaran radio anak muda di Indonesia. Acara on air maupun off air yang tren di Bandung pasti tak lama kemudian diikuti oleh berbagai stasiun radio di kota lain.

Tak heran,karena para pengelola radio di Bandung dikenal begitu kreatif merancang berbagai program acara yang unik dan inovatif agar tidak membuat jenuh para pendengarnya. Supaya tidak terpuruk di tengah persaingan yang ketat, para pekerja radio dituntut selalu gelisah untuk dapat terus ”melempar” acara dan program baru yang penuh inovasi dan mengena pada segmen yang mereka bidik.

Radio Ninetyniners, misalnya. Radio anak muda yang beroperasi di frekuensi FM 100 MHz ini jauh-jauh hari menggodok berbagai paket acara khas Ramadan. Sebagai radio anak muda nomor satu di kelas AB+ usia 15–24 (Nielsen, 2006), para kru Radio Ninetyniners memang harus militan menggodok konsep-konsep unik agar dapat terus mempertahankan posisinya.

Khusus Ramadan ini, radio yang pada 9 September lalu merayakan HUT ke-7 ini menambah waktu siarannya satu jam. Biasanya, Radio Ninetyniners mengudara pukul 05.00–03.00 WIB (22 jam),kecuali Sabtu siaran nonstop 24 jam. Pada Ramadan, siaran sudah dimulai pukul 02.00 WIB dan berakhir pukul 01.00 WIB keesokan harinya. Pemancar dan perangkat siar hanya diistirahatkan selama satu jam setiap hari.

Dianti Saptarini, satu dari tiga produser Radio Ninetyniners, menjelaskan, pada Ramadan kali ini radionya hanya memiliki sebuah program khusus on air, yakni Sahara (Sahur Ramadan ala Ninetyniners) yang tayang setiap hari pukul 02.00–05.00 WIB. Sisanya, acaraacara off air yang dikemas lekat dengan nuansa Ramadan dan direlay sebagai selingan program on air reguler.

Dalam acara Sahara, Radio Ninetyniners memutarkan berbagai lagu hits untuk menemani para pendengar makan sahur. Asyiknya, para ninetyniners (sapaan untuk pendengar) juga diundang untuk me-request lagu sekaligus mengirimkan salam kepada orang-orang dekat mereka. ”Acara ini juga kami selingi dengan interaktif antara funky dj (panggilan bagi penyiar Radio Ninetyniners) dan pendengar.

Ada juga berita singkat seputar dunia selebritis, gosip, hingga tips-tips Ramadan. Yang seru lagi, kami menggelar games via telepon. Pemenangnya dapat voucher belanja di distro terkenal di Bandung,” terang Anti, panggilan Dianti Saptarini. Agar acara lebih seru, setiap hari acara Sahara selalu dikawal duet funky dj pria dan wanita secara bergantian.

”Pokoknya, dari 22 penyiar yang ada, pasti semua kebagian siaran sahur,” kata Anti. Pada awal Ramadan,lanjut dia, sebenarnya Radio Ninetyniners punya acara off air bertajuk Gerebek Kost. Dalam acara ini, kru Radio Ninetyniners mendatangi tempat kos pendengarnya di waktu sahur lengkap dengan armada OB van (outdoor broadcasting van) yang dijuluki Funky Mobile.

Mereka yang dikunjungi akan diwawancara dan ditodong untuk menjawab sejumlah pertanyaan berhadiah. Supaya bisa dikunjungi, pendengar sebelumnya diminta untuk mengirim alamat kosan mereka melalui sms dan memberi alasan kenapa mereka menganggap tempat kosnya menarik untuk didatangi kru Radio Ninetyniners.

”Setelah melakukan survei, kami mendatangi tempat-tempat kos terpilih itu pada dini hari,” terang Anti. Dari markas Radio Ninetyniners di BRI Tower lantai 14 Jalan Asia Afrika No 57–59 Kota Bandung, Funky Mobile keliling ke daerah Jalan Setiabudi Kota Bandung,Dago Atas, Jalan Dipati Ukur, hingga kos-kosan di Jatinangor, Kab Sumedang.

Selain Sahara dan Gerebek Sahur, Radio Ninetyniners masih punya acara andalan lain, yaitu Ice Cream. Ini sebenarnya acara reguler yang tayang setiap Senin–- Jumat sore, pukul 16.00–19.00 WIB. Namun, pada Ramadan, acara ini digelontorkan juga pada Sabtu dan Minggu.

”Penyiarnya juga duet cewek sama cowok. Selain memutar lagu-lagu khas dan siaran interaktif, diselingi juga acara humor,” papar Anti. Di tengah acara, Ice Cream merelai acara Kabar Seru setiap pukul 17.00–18.00 WIB. ”Kabar Seru adalah acara off air buka puasa bareng artis yang digelar setiap hari di restoran, rumah makan, atau kafe. Di sana, ada acoustic performance, kuis,dan tentu saja ngobrol-ngobrol akrab,” ujar Anti.

Beberapa artis yang pernah memeriahkan acara ini di antaranya Nine Balls, The Changcuters, Dygta, dan Mocca. Merasa belum cukup juga, setelah acara Ice Cream usai, Radio Ninetyniners meneruskan siaran khas Ramadannya dengan acara Tebar Teladan (Terawih Bareng Teman di Bulan Ramadan) antara pukul 19.00–21.00 WIB.

Menurut Anti, pihaknya memilih beberapa masjid di Kota Bandung untuk dikunjungi selepas tarawih berdasarkan tawaran dari pendengar dan survei mereka sendiri. ”Ada ustadz yang kemudian ceramahnya kami relaydi udara selama sekitar setengah jam. Kami selipkan juga reportase bagaimana suasana tarawih di sana dan wawancara dengan remaja pengurus masjidnya,”beber Anti.

Untuk mengakomodasi berbagai program dan format acara khusus Ramadan tadi, Radio Ninetyniners terpaksa menghapus sementara sejumlah program on air reguler mereka, seperti Funky Indo Hits, Juke Box (review album baru), dan Saturday Request. Acara- acara ini akan hadir kembali setelah Lebaran. Di balik dinamis dan serunya berbagai kemasan Ramadan ala Radio Ninetyniners, tidak semua pendengarnya menyadari bahwa orang-orang yang selama ini lekat dengan sebutan funky telah melakukan kerja keras yang melelahkan pikiran dan fisik.

”Untuk membuat semua ini berhasil dan sukses,tidak semudah yang dibayangkan.Kami menjalani rapatrapat panjang dan terkadang harus begadang hanya untuk memikirkan konsepnya.Begitu acaranya dimulai, ada orang-orang yang juga kerja hingga tengah malam untuk mengerjakannya,” ujar Anti.Tak heran, bila kita mengintip laci meja, locker, dan tas kru Radio Ninetyniners, ditemukan odol, sikat gigi, handuk, sandal jepit, sarung, dan lainnya.

”Beberapa kru mau tidak mau harus tidur di kantor. Apalagi produser, operator,dan penyiar siaran sahur.Di udara, siapa yang nyangka penyiar yang funky-funky itu kerja dengan mata memerah?”seloroh Anti. Bayu, seorang penyiar Radio Ninetyniners, mengaku, meski bekerja ekstra, dirinya berusaha untuk tetap enjoy.

Menurut dia, bagaimanapun juga, dasar dari semua yang dikerjakan adalah kesukaan. ”Ya, dibawa senang saja semuanya.Tambah jam kerja kan tambah pengalaman dan ilmu siaran juga. Toh, tidak setiap hari kita dapat tugas siaran sahur. Kalau kebagian siaran sore, ya sekalian ngabuburit lah,” tukasnya. (ricky susan/m-18)

http://profiles.friendster.com/10266761

· More About SONORA SURABAYA

  • Occupation:

Broadcasting Radio, LIHAT BLOG KAMI!!!

  • Affiliations:

KOMPAS Gramedia, SONORA Group; Jakarta, Jogja, Solo (Ria FM), Surabaya, Palembang, Bangka (SONORA FM, Prima FM & Palupi), Pontianak

  • Hobbies and Interests:

LIHAT BLOG KAMI!! Untuk mengetahui LOWONGAN PEKERJAAN, PROGRAM UNGGULAN & AKTIVITAS

  • Favorite Books:

all useful books

  • Favorite Movies:

all quality movies

  • Favorite Music:

all music types

  • Favorite TV Shows:

all quality shows

  • Zodiac Sign:

Sagittarius

  • About Me:

SALURAN HIBURAN & INFORMASI ANDA SEKELUARGA

Berbekal keyakinan yang kuat dalam memposisikan diri sebagai saluran hiburan & informasi bagi Anda sekeluarga, radio Sonora Surabaya menghadirkan program-program siaran unggulan sepanjang hari.

Diawali setiap pagi di hari Selasa - Jumat, mulai Pk. 06.00, Program Selamat Pagi Surabaya (SPS), program interaktif mengulas berita-berita terhangat. Diwarnai dengan musik yang membangkitkan semangat serta informasi lalu lintas, SPS tidak hanya menemani perjalanan Anda, namun juga memperluas wawasan Anda.

"BERITA SONORA", mengudara setiap hari pada menit 00 setiap jamnya mulai Pk 09.00 -21.00, "BERITA SONORA" mengudarakan intisari berita-berita terhangat untuk memastikan Anda sekeluarga tetap "well informed" di tengah kesibukan sehari-hari.

Salah satu program unggulan kami lainnya adalah AMKM (Anda Meminta Kami Memutar), sebuah program Music by request yang telah menjadi ikon Radio SONORA berpuluh tahun. Mengudara setiap hari mulai pk. 10.00-12.00 serta pk 15.00-17.00.

Program AMKM, memberi kesempatan bagi Anda untuk memesan Lagu dan mengirimkan salam bagi orang-orang yang Anda kasihi. So, get connected through AMKM!

SONORA ROCK YOUR MONDAY! Setiap Hari Senin, 06.00 - 09.00 WIB, bangkitkan semangat kamu di pagi hari dengan mendengarkan lagu-2 Rock favorit kamu! Plus perluas wawasan kamu dengan informasi dan berita-2 aktual terkini serta bernas.

Pengen tau lebih jauh tentang kami? Buka www.sonorasurabaya.co.id & be our listener!

Kompleks Permata Hijau
Jl. Raya Darmo Permai Utara No. 74 - 80 Surabaya 60226
Hotline Ph. +62-31-7327.102 Studio +62-31-7321.496
SMS +62 817.333.980
Fax +62-31-7327.101
Marketing +62-31-7327.100
Website: www.sonorasurabaya.co.id
E-mail: fm98@sonorasurabaya.co.id

Bagi yang tertarik, silahkan add kami di email : fm98@sonorasurabaya.co.id
Atau first name : SONORA SURABAYA, last name : FM Radio

  • Who I Want to Meet:

Orang-orang dengan selera tinggi seperti ANDA!

http://sippfemale.com/?m=konten&i=6

Program Unggulan Radio SIPP FeMale

dipulikasikan tgl:2007-08-31

PROGRAM UNGGULAN ( Weekly Program )

NO

JUDUL ACARA

DESKRIPSI

HARI

JAM

01

SIPP POWER INDIE

Pemutaran Lagu – lagu Demotape anak – anak muda Padang dan wawancara dengan Grup band / PenyanyiLokal

Minggu

19.00

02

DuniaWanita

Obrolan seputar Kehidupan wanita dari Berbagai sisi kehidupan dengan menghadirkan tamu wanita dari berbagai kalangan

Sabtu

08.00

03

Women Zone

Tips seputar karir, kecantikan, kesehatan,rumah dan ,masakan

Senin –Minggu

09.00 –11.00

04

Tele TalkHeart 2 Heart

Telewicara dengan Pakar Internasional Yang membahas berbagai Topik dari Sudut pandang pakar

Kamis

09.00

05

SIPPBerbagikasih

Bincang – bincangdengan Menghadirkan panti Asuhankota Padang untukmenghimpun bantuan dana dari pendengar

Sabtu

14.00

06

TamanKita

Program variety Show Untuk anak – anak usia Pra sekolahdari TKKota Padang

Minggu

15.00

07

Perempuan

Perbincangan seputar perempuan dan kehidupannya dalam perspektif budaya& social

JUmat

16.00

08

Sipp Weekly Top 10

Pemutaran 10 Lagubarat dan 10 lagu Indonesia paling Hits selama sepekan

Sabtu

16.00 –18.00

PROGRAM REGULER (WeeklyProgram)

NO

JUDUL ACARA

DESKRIPSI

HARI

JAM

Prod

01

SUARANEGRIKU

Mini features tentang lingkungan Hidup, Kesehatan, Pendidikan ,Budaya dll

Senin

09.00

Internews

02

InfoKesehatan

Mini Features tentang dunia kesehatan dari skop nasional & International

Sabtu

09.00

Radio Australia

03

WawasanIslami

Ceramah agama

Senin –Minggu

05.30–06.00

04

Kultum

Ceramah agama selama7 menit sebelum azan Magrib dengan ustad yang berbeda-beda

Senin – Minggu

18.00- 09.00

PROGRAM REGULER(DailyProgram )

NO

JUDUL ACARA

DESKRIPSI

HARI

JAM

Prod

01

TRAFFIC REPORT

Informasi seputar arus Lalu lintas dikota Padang dengan menempatkan 2 reporter di lokasi jalan yang berbeda

Senin – Jumat

07.30&12.45

02

HOTNEWS

Berita –berita local kota padang yang di Repro Ulang dari Harian local

Senin – Jumat

17.00

03

Indonesia Siesta

Relay Delta FM Berisikan Tips praktis , wawancara , interaktif dan play the Music

Senin – jumat

10.00 – 14.00

Relay

PT. Swara Indah Pesona Prima
Jln.
Ratulangi No. 21 B Padang Telp. (0751) 21397 – 33326 Fax. (0751)38206
Copyright 2007. All rights reserved

http://www.kbr68h.com/Profile.htm

Kantor Berita Radio KBR68H

  • Satu-satunya Kantor Berita Radio di Indonesia.
  • Memproduksi berita-berita independen, bisa dipercaya selama 18 jam sehari.
  • Menggunakan satelit untuk menyiarkan program-program unggulan ke 400 radio jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Didukung 50 orang jurnalis di Jakarta dan 100 orang koresponden di berbagai kota. Kami paham mengelola jurnalisme radio.


Mengapa Beriklan Lewat KBR68H?

  • Pesan anda ditangani tenaga profesional di bidang radio.
  • Jaringan radio terluas di Indonesia.
  • Fleksibel untuk komunikasi radio berskala regional, atau nasional.
  • Menjangkau 8 juta pendengar radio dengan biaya terjangkau.

Program Unggulan KBR68H

  • Buletin Pagi (06.00-06.30) dan Buletin Sore (16.00-16.30)
    Rangkaian berita-berita terkini di bidang ekonomi, politik, sosial yang dirangkum oleh jurnalis KBR68H baik nasional maupun regional. Program dikemas dengan gaya jurnalisme radio yang hidup dan cepat. Ada juga laporan utama berdurasi 5 menit menyangkut masalah paling menarik hari ini. Buletin Pagi dan Sore merupakan program KBR68H yang paling populer dan direlay semua anggota jaringan.
    Disimak lebih dari 20 juta pendengar di Indonesia.
  • Sarapan Pagi (06.30-08.30)
    Program drive time yang berbeda. Dengan format majalah udara, acara ini dipandu dua wartawan yang akan mengajak Anda membahas berbagai tema dan masalah aktual dengan narasumber yang kompeten di bidangnya. Didukung riset dan perpustakaan suara, sajian ini menjadi prima, cepat dan menyeluruh.
  • Olahraga (09.30-10.00)
    Program bagi para penggemar olah raga yang tak ingin ketinggalan
    berita. Menyajikan informasi terbaru dari cabang sepak bola, golf, bulu tangkis, tenis, formula satu dan cabang-cabang olah raga lain. Mengolah sumber olahraga dalam negeri, sekaligus berbagai peristiwa olahraga dunia.
    Simak profil atlet-atlet dunia dari berbagai cabang olahraga.
  • Kabar Baru (Setiap jam selama lima menit)
    Dapatkan berita nasional dan internasional terbaru setiap jamnya yang dikemas secara menarik dan lugas. Kontributor KBR68H di berbagai daerah memperkuat program ini, sehingga kaya akan informasi lokal dan cepat. Program ini menjadi rujukan banyak media lain di dalam dan luar negeri.
  • Dialog Interaktif (09.00-09.30)
    Pendengar dapat berdialog secara langsung dengan narasumber melalui telepon bebas pulsa. Saling berinteraksi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai topik-topik hangat yang terjadi saat ini.
  • Reformasi Hukum dan HAM - Senin
    Pendengar dapat ikut serta memberikan opini atau pengalamannya tentang perkembangan hukum serta kasus-kasus HAM di Indonesia serta berdiskusi langsung dengan narasumber yang kompeten.
  • Klinik Kesehatan - Selasa
    Klinik kesehatan membantu pendengar agar mampu mengantisipasi penyakit maupun masalah-masalah kesehatan lainnya.
  • Daerah Bicara - Rabu
    Keragaman daerah di Indonesia menjadi perhatian KBR68H. Sejalan dengan semangat desentralisasi, pendengar dari berbagai daerah dapat ikut serta mempromosikan potensi daerah dan aspirasi mereka. Menata ulang hubungan pusat - daerah agar lebih adil dan demokratis.
  • Bumi Kita - Kamis
    Program yang dirancang untuk menarik perhatian kita semua pada persoalan lingkungan hidup. Mendorong upaya-upaya untuk pelestarian lingkungan dan kekayaan hayati kita.
  • Obrolan Ekonomi - Jumat
    Obrolan ekonomi baik mikro maupun makro dengan pelaku ekonomi yang dapat memberikan gagasan segar buat para pendengar.
    Menjadi inspirasi dalam hal peluang usaha.

*) Seluruh waktu adalah Waktu Indonesia Barat

Favorite site: www.tribun-timur.com

2 comments:

Anonymous said...

to carve the lid. Use the long knife to cut a pentagon or a hexagon [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html[/url] around the stem. As you cut into the top of the pumpkin, make [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html[/url] captain of the Black Pearl, an extremely fast galleon that could [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]tory burch outle[/url] shirts are available in wide range of choices of collars, cuffs,
your money.Dog owners seeking to tame Jack Russell aggression [url=http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html]Ralph Lauren Outlet[/url] pumpkin. Push the cut pieces into or out of the pumpkin, whichever [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html[/url] 21. Over 21, a hand goes bust. Cards 2 to 10 as worth their number, [url=http://www.journalonline.co.uk/christian-louboutin-outlet.html]christian louboutin outlet[/url] Social Services is on my doorstep because there has been a
to win the game make a great topic to discuss with loved ones [url=http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html[/url] and its also important to note that the CEO of Stewart Technology [url=http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/tory-burch-outlet.html[/url] producing the top notch quality denim, you will be able to find [url=http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html]http://www.journalonline.co.uk/ralph-lauren-outlet.html[/url] called European Blackjack, Vegas Blackjack and Atlantic City

Anonymous said...

are safer than dull knives, because dull knives will force you [url=http://www.abacusnow.com/hollister.htm]http://www.abacusnow.com/hollister.htm[/url] player-friendly, they actually have a higher house advantage. [url=http://www.abacusnow.com/hollister.htm]http://www.abacusnow.com/hollister.htm[/url] and Mark Victor Hansen really put a lot of effort into this book. [url=http://www.abacusnow.com/beatsbydre.html]cheap beats by dre[/url] telephone communication systems provide many important
manufacturing custom made designer shirts for men. Green and [url=http://www.abacusnow.com/nfl.html]Discount NFL jerseys[/url] As you cut into the top of the pumpkin, make your cuts angle [url=http://www.abacusnow.com/beatsbydre.html]http://www.abacusnow.com/beatsbydre.html[/url] would lead to conflict among them. The period of 1650 ?1740, when [url=http://www.abacusnow.com/jpchanel.htm]chanelバッグ[/url] last century bespoke clothing has become comparatively expensive.
details that would be difficult to do with a knife. But if youd [url=http://www.abacusnow.com/beatsbydre.html]http://www.abacusnow.com/beatsbydre.html[/url] to judge their "creations". Whoever gets the best score wins. [url=http://www.abacusnow.com/michaelkors.html]Michael Kors outlet[/url] light in it, and used it to search for a sleeping place. Jack [url=http://www.abacusnow.com/beatsbydre.html]beats by dre[/url] you life and to change it for the better, then you are going to