Tuesday, November 27, 2007

Tribun Skul Ala TV Lokal

http://seveners.com/view/berita/200708/kunjungi-sekolahku.php

Tribun Skul Ala TV Lokal
* TV masuk sekolah, sekolah masuk TV
* Bila digarap bagus, cara jitu untuk penetrasi ke segmen muda.


Informasi Berita SMA 7 Yogyakarta
Produksi Program TV Kunjungi Sekolahku, 30 Sekolah SMA Unggulan yang ada di Indonesia

Dipublikasikan pada August 27, 2007. Koordinator TIK, Drs. Bandono, MM

PT Visimedia Visualindo bekerja sama dengan SMA Negeri 7 Yogyakarta akan memproduksi profil sekolah unggulan yang ada di Indonesia dengan judul "Kunjungi Sekolahku" oleh PUSTEKKOM DIKNAS JAKARTA, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 28 Agustus s/d 30 Agustus 2007 (3 hari) di Kampus Seveners dan sekitarnya.

Kunjungi Sekolahku merupakan paket acara pogram TV seri yang mengekspose sekolah-sekolah unggulan yang ada di tanah air, baik sekolah milik pemerintah ataupun swasta. Format sajian disampaikan dengan gaya populer, kemudian mengetengahkan keunggulan serta cara terapan KBM yang dilakukan oleh masing-masing sekolah. Selain hal-hal yang langsung berkaitan dengan aktivitas sekolah juga muatan budaya lokal dimana sekolah tersebut berlokasi sehingga paket acara ini tidak semata-mata bicara profil sekolah tapi juga mempunyai nilai budaya. Setiap episode hanya menampilkan satu sekolah unggulan. Sedangkan Host tetap diperlukan sebagai penghantar sekaligus sebagai media penyampaian informasi.

Tujuan dari Pustekkom Diknas memproduksi "Kunjungi Sekolahku" adalah untuk memberikan informasi obyektif sekaligus mempermudahkan kepada para orang tua calon siswa untuk memilih sekolah-sekolah unggulan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan putra-putri mereka. Disisi lain program ini dapat memberikan motivasi kepada sekolah-sekolah yang belum meraih prestasi untuk lebih meningkatkan kualitas belajar-mengajarnya.
Adapun format skenario acaranya terbagi dalam 3 segment;

1. Segment pertama meliputi: (9 menit)
* Hi-light (cuplikan dari beberapa sajian yang menarik)
* Judul program "KUNJUNGI SEKOLAHKU" (animasi)
* Budaya lokal
* Teaser
* Suasana Kota
* Sub Judul "Nama sekolah": (Animasi)
* Profil Sekolah meliputi: para murid memasuki halaman sekolah samapai penaikan bendera, sejarah sekolah secara singkat, Fasilitas sekolah, profil staf pengajar dan prestasinya.
2. Segment kedua meliputi: (9 menit)
* KBM (kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adaptasi kurikulum sekolah bersangkutan (aktifitas murid dalam kelas dan laboratorium)
* Prestasi murid yang berhubungan dengan prestasi secara perorangan (liputan sampai kerumah orang tua dan prestasi secara kelompok (liputan latihan para siswa)
3. Segment ketiga meliputi: (7 menit)
* Kegiatan ekskul dan prestasi yang pernah diraih
* Prestasi sekolah yang pernah diraih
* Statement alumni yang sukses
* Para murid meninggalkan sekolah
* Penjaga sekolah menutup pintu gerbang
* Repetisi
* Rolling title
* The End




Favorite site: www.tribun-timur.com

No comments: