Monday, December 17, 2007

Sekilas tentang Buku Hermawan Kartajaya

Resensi buku Hermawan Kartajaya di http://www.rri-online.com/
RRI-Online,

Judul : Hermawan Kartajaya on Positioning
pengarang : MarkPlus&Co
Penerbit : MarkPlus&Co
Jenis Buku : Pemasaran
Sekilas : Tahun 2004, 148 halaman, Softcover Harga Rp 27000,00 ISBN: 979-433-368-9

Selama ini, positioning dikenal sebagai strategi untuk menguasai pikiran konsumen dengan penawaran perusahaan kita. Saya mendefinisikan positioning sebagai strategi untuk mengarahkan para pelanggan. Positioning adalah upaya membangun kesan di benak konsumen bahwa perusahaan kita layak dipercaya dan kompeten.


Seri 9 Elemen Marketing:


- Brand

- Differentiation

- Positioning

- Segmentation

- Targeting

- Marketing Mix

- Selling

- Service

- Process


Sejak dulu, Hermawan Kartajaya, Marketing Icon of Indonesia, selalu mengatakan bahwa marketing itu intinya mencakup sembilan elemen, yaitu segmentasi, targeting, positioning, diferensiasi, marketing mix, selling, brand, service, proses. Ia menyebutnya sebagai: "nine core element of marketing". Hermawan berpendapat bahwa suatu produk, merek, ataupun perusahaan akan memiliki keunggulan bersaing yang bagus kalau ia mampu membangun kesembilan elemen pemasaran tersebut secara baik.


Menurut Hermawan, dalam membangun strategi yang kukuh, pertama-tama Anda harus mampu melihat pasar secara kreatif dan membagi-bagi pasar tersebut ke dalam segmen-segmen berdasarkan kondisi psikografis-behavior tertentu. Dari sini, kemudian Anda akan dapat memilih satu atau beberapa segmen tersebut yang akan dijadikan target pasar. Dan setelah itu, Anda akan dapat memosisikan produk, merek, dan perusahaan Anda di dalam benak pelanggan target pasar tersebut.


Hermawan selalu selalu mengatakan bahwa positioning adalah janji yang diberikan produk, merek, dan perusahaan kepada pelanggannya. Untuk memenuhi janji tersebut, Anda harus membangun diferensiasi yang solid. Selanjutnya, agar diferensiasi yang Anda bangun kukuh, Anda harus mem-back up diferensiasi tersebut dengan marketing mix (strategi produk, harga, distribusi, dan promosi) yang kukuh pula. Setelah marketing mix, selanjutnya kita juga harus menyusun strategi selling-nya dengan menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.


Semua langkah yang dilakukan terhadap produk, kata Hermawan, sesungguhnya adalah bagian dari upaya untuk membangun merek. Merek tidak sekadar sebuah nama. Bukan juga sekadar sebuah logo atau simbol. Merek adalah "payung" yang merepresentasikan produk atau layanan Anda. Merek merupakan cerminan value yang Anda berikan kepada pelanggan. Itulah sebabnya mengapa ia menyebutnya sebagai "value indicator".


Selanjutnya, Anda juga harus membangun konsep service. Apakah bisnis perusahaan itu adalah hotel, jualan bakso, menawarkan asuransi, atau membikin mobil, semuanya haruslah merupakan bisnis service--"Every business has to be a service business." Dan akhirnya, komponen terakhir dari sembilan elemen pemasaran adalah proses. Ujung-ujungnya, pembenahan proses ini diarahkan untuk menciptakan kualitas sebaik mungkin, biaya serendah mungkin, dan waktu penyampaian secepat mungkin.

Buku ini merupakan seri kumpulan tulisan Hermawan Kartajaya yang pertama yang dikelompokkan berdasarkan asing-masing elemen dari sembilan elemen pemasaran.

Favorite site: www.tribun-timur.com

1 comment:

brahma a said...

Will you transfer your own home and also don’t include almost any prior practical knowledge in relation to travelling regarding various residence things, then click here:
packers and movers marathahalli